SMF Targetkan Sekuritisasi Tahun Ini Capai Rp2 Triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) berencana untuk kembali melakukan sekuritisasi aset kredit pemilikan rumah atau KPR pada tahun ini dengan nilai Rp2 triliun.
Emanuel B. Caesario | 21 Februari 2018 13:30 WIB
Kantor PT Sarana Multigriya Finansial (Persero). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) berencana untuk kembali melakukan sekuritisasi aset kredit pemilikan rumah atau KPR pada tahun ini dengan nilai Rp2 triliun.

Heliantopo, Direktur SMF, mengatakan bahwa tahun lalu perseroan hanya melakukan transaksi sekuritisasi senilai Rp1 triliun. Perseroan berencana untuk kembali melakukannya tahun ini.

“Sekuritisasi tahun ini budget kita Rp2 triliun, semoga itu bisa terealisasi. Mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi,” katanya dalam konverensi pers usai seremoni pencatatan PUB IV Tahap III Tahun 2018 di Bursa Efek Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Sejak tahun 2009 sampai dengan 2017 SMF telah memfasilitasi 11 kali transaksi sekuritisasi. Selain melakukan sekuritisasi, SMF juga menyalurkan pinjaman untuk pembiayaan sekunder perumahan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

Melalui kegiatan sekuritisasi dan penyaluran pinjaman, sejak awal berdirinya pada tahun 2005, SMF telah mengalirkan dana dari pasar modal ke Pernyalur KPR sampai dengan 31 Desember 2017 kumulatif mencapai Rp35,63triliun, terdiri dari penyaluran pinjaman sebesar Rp 27,47triliun, dan sekuritisasi sebesar Rp 8,1triliun.

Dari seluruh dana yang dialirkan tersebut, telah membiayai kurang lebih 846 ribu debitur KPR dari Aceh sampai Papua. Dalam kerjasama pembiayaan, SMF bekerjasama dengan Bank Umum, Bank Syariah, Bank Pembangunan Daerah, dan Perusahaan Pembiayaan.

Tag : smf
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top