REKOMENDASI PASAR (13/2/2018): IHSG Konsolidasi, Cermati Saham-Saham Berikut!

Pergerakan indeks harga saham gabungan diprediksi terkonsolidasi pada perdagangan hari ini, Selasa (13/2), meski berhasil menguat dalam sesi penutupan perdagangan kemarin.
M. Nurhadi Pratomo | 13 Februari 2018 09:33 WIB
Karyawan melintas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (12/2/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA--Pergerakan indeks harga saham gabungan diprediksi terkonsolidasi pada perdagangan hari ini, Selasa (13/2), meski berhasil menguat dalam sesi penutupan perdagangan kemarin.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG), ditutup menguat 13,58 poin ke level 6.519,11, pada penutupan perdagangan, Senin (12/2). Mayoritas indeks saham di Asia ditutup menguat seperti Indeks Shanghai 1,29%, disusul Indeks KOSPI 0,91%.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa sektor saham yang menjadi pemimpin penguatan pada perdagangan kemarin yakni sektor pertanian 1,73% dan sektor pertambangan 1,69%. Hal itu dipengaruhi rebound harga komoditas energi seperti minyak sawit mentah, batubara, dan minyak.

Lanjar menjelaskan IHSG kembali terkonsolidasi secara teknikal dengan mencoba terus bertahan di atas 6.500. Pergerakan indeks membentuk pola tran bearish jangka pendek hingga mampu break out level MA20 di kisaran level 6.560.

Dengan demikian, dia memperkirakan IHSG akan bergerak cenderung tertahan pada perdagangan hari ini. Indeks diproyeksikan bergerak dengan range support 6.460 dan resistance 6.556.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan bahwa berdasarkan indikator harian, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, stokastik dan RSI berada di area netral.

Nafan memprediksi IHSG akan menuju ke area resistance pada level 6.537 dan 6.551.

“Meskipun demikian, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan indeks saham,” ujarnya dalam riset, Senin (12/2).

Sementara itu, William Surya Wijaya, analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas menilai pergerakan indeksi masih dalam konsolidasi wajar. Tekanan yang terjadi masih dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk melakukan akumulasi beli mengingat kondisi fundamental perekonomian yang masih cukup stabil.

Dia memperkirakan indeks berada di level support 6.411 dan resistance 6.671. Dengan demikian, IHSG hari ini berpotensi menguat.

Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham-saham yang dapat dicermati yakni AKRA, ANTM, ASII, ASRI, BBRI, BMTR, CPIN, SMCB, SMGR, ELSA, dan INKP.

Binaartha merekomendasikan sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor yakni BSDE, ISAT, JSMR, PWON, TBIG, dan UNTR.

Sementara itu, Indosurya Mandiri Sekuritas merekomendasikan menu HMSP, TLKM, TBIG, ASII, SRIL, KLBF, ICBP, PTPP, dan BJTM.

Tag : IHSG
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top