Sektor Perbankan & Otomotif Dorong Reli Indeks Topix Jepang

Sektor perbankan dan otomotif menopang penguatan indeks Topix pada perdagangan hari ini, Rabu (10/1/2018), melanjutkan reli penguatan selama empat hari berturut-turut.
Aprianto Cahyo Nugroho | 10 Januari 2018 15:38 WIB
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Sektor perbankan dan otomotif menopang penguatan indeks Topix pada perdagangan hari ini, Rabu (10/1/2018), melanjutkan reli penguatan selama empat hari berturut-turut.

Indeks Topix ditutup menguat 0,2% atau 1.892,11. Di sisi lain, indeks Nikkei 225 ditutup melemah 0,3% ke level 23.788,20.

Saham Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, Toyota Motor Corp dan Honda Motor Co menjadi pendorong terbesar pada gerak indeks Topix. Adapun saham fast Retailing Co. melemah dan membebani indeks Nikkei 225.

Dikutip dari Bloomberg, indeks kekuatan relatif 14 hari (RSI14), yang merupakan indikator teknis, telah berada di atas 70 sejak 4 Januari. Hal ini menandakan bahwa saham telah berada pada posisi jenuh beli alias overbought.

Penguatan indeks Topix mengikuti gerak indeks S&P 500 yang ditutup menguat 0,1% pada hari Selasa, dan telah naik 2,9% dalam enam hari perdagangan pertama tahun ini, menyusul kenaikan imbal hasil pada obligasi pemerintah AS yang mencapai 2,55%.

"Seiring imbal hasil jangka panjang AS terus meningkat, investor tetap sadar akan kemungkinan Bank of Japan menghapus kontrol kurva imbal hasil, yang dapat menarik uang ke saham sektor finansial," kata Hiroyasu Iida, kepala pusat penelitian investasi di Aizawa Securities Co, seperti dikutip Bloomberg.

Namun, lanjutnya, mengingat serangkaian kenaikan di tahun 2018 di bursa Jepang dan AS, penguatan indeks hingga ke level tertinggi baru tampaknya masih sulit.

Di antara saham yang bergerak, saham Bank: Mitsubishi UFJ Financial menguat 1,6%, sedangkan Sumitomo Mitsui  Financial naik 1,7%. Saham yang berhubungan dengan otomotif seperti Toyota menguat 2,2%, sedangkan Honda dan Mitsubishi masing-masing menguat 2,3% dan 2,5%.

Saham Daiwabo, yang memproduksi kain yang digunakan untuk masker wajah, ditutup menguat 4,8% menyusul laporan Kyodo News Jepang yang menemukan kasus pasien terduga flu burung di Prefektur Kagawa.

Tag : bursa jepang
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top