Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa China Reli Enam Hari Berturut-turut

Reli bursa China semakin kokoh pada akhir perdagangan hari keenam berturut-turut, Jumat (5/1/2018), dengan indeks Shanghai Stock Exchange Composite (SSEC) menyentuh level tertingginya dalam enam pekan.
Bursa China/Reuters
Bursa China/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Reli bursa China semakin kokoh pada akhir perdagangan hari keenam berturut-turut, Jumat (5/1/2018), dengan indeks Shanghai Stock Exchange Composite (SSEC) menyentuh level tertingginya dalam enam pekan.

Dilansir Reuters, penguatan indeks CSI 300 dan Shanghai Composite pada perdagangan hari ini ditopang penguatan saham pengembang properti.

Sentimen positif juga datang dari data survei sektor swasta yang menunjukkan aktivitas sektor jasa berekspansi pada bulan Desember didukung pertumbuhan bisnis baru yang solid, dengan membaiknya outlook ke level tertinggi dalam enam bulan.

Survei bisnis swasta lain menunjukkan pertumbuhan pada sektor manufaktur China secara tidak terduga naik menuju level tertinggi dalam empat bulan pada Desember, ditopang lonjakan pesanan baru.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks CSI 300 di Shenzhen yang berisi saham-saham bluechips berakhir menguat 0,24% atau 9,94 poin di level 4.138,75, setelah pada perdagangan Kamis (4/1) ditutup menguat 0,42% atau 17,42 poin di posisi 4.128,81.

Sub indeks sektor finansial pada CSI 300 menguat 0,65%, sektor bahan konsumen naik 0,13%, indeks real estate menanjak 4,16%, dan sub indeks kesehatan turun tipis 0,03%.

Sementara itu, indeks Shanghai Composite hari ini ditutup menguat 0,18% atau 6,04 poin di level 3.391,75, setelah dibuka naik tipis 0,02% atau 0,75 poin di level 3.386,46.

Saham dengan kenaikan persentase terbesar pada indeks Shanghai Composite adalah Jiangsu Hengli Hydraulic Co. Ltd. dan Tsingtao Brewery Co. Ltd. yang masing-masing menguat 10,01%, serta saham Shanghai Shimao Co. Ltd. yang naik 9,41%.

Adapun saham dengan penurunan persentase terbesar pada indeks Shanghai adalah Shanghai Jiaoda Onlly Co. Ltd. dengan 10,04%, diikuti SJEC Corp. sebesar 9,45%, dan Shanghai Jin Jiang International Industrial Investment Co. Ltd. yang melemah 5,43%.

Sepanjang pekan ini, indeks SSEC telah mencatat kenaikan 2,6% dan indeks CSI 300 menguat 2,7%. Adapun nilai pasar indeks saham Shanghai telah naik sebesar 2,59% menjadi 29,65 triliun yuan pekan ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper