BUMN Salurkan Bansos Rp10,2 Miliar di Sumatera Utara

Sejumlah perusahaan BUMN bersinergi dalam penyaluran kepedulian sosial senilai total Rp10,2 miliar untuk meningkatkan kualitas sarana fasilitas umum dan sosial bagi masyarakat di Sumatera Utara.
Hafiyyan | 21 Desember 2017 16:20 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (dari kanan), bersama Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya melakukan peletakan batu pertama perbaikan Jembatan Abrasi, di Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu, Kamis (23/11). - JIBI/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, TOBA SAMOSIR--Sejumlah perusahaan BUMN bersinergi dalam penyaluran kepedulian sosial senilai total Rp10,2 miliar untuk meningkatkan kualitas sarana fasilitas umum dan sosial bagi masyarakat di Sumatera Utara.

Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan, upaya tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya keadilan sosial dan mendukung penguatan peran BUMN sebagai agen pembangunan.

Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN digelar di 8 kabupaten di beberapa lokasi, yaitu Simalungun, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Samosir, Dairi, Asahan dan Karo. CSR kali ini menyasar beberapa fasilitas dan sarana publik seperti sarana pendukung pariwisata, pelestarian alam, pendidikan, pendidikan vokasi, sarana ibadah dan kesehatan di Sumatera Utara.

Sarana pendukung pariwisata mendapatkan bantuan CSR sebesar Rp4,68 Miliar diantaranya dari PT BNI (Persero) Tbk, PT BRI (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT BTN (Persero) Tbk, PT Inalum (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia/Telkom (Persero) Tbk, Perum LKBN Antara, PT Dok Kodja Bahari (Persero), PT INTI (Persero), PT Danareksa (Persero), PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Jiwasraya (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara /PLN (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero).

Bantuan itu berupa perbaikan jalan, rumah adat, pembuatan gapura, shelter, sarana wisata, dan pengadaan tong sampah.

Adapun sejumlah BUMN lainnya seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Surveyor Indonesia (Persero), PT Kawasan Industri Medan (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Kimia Farma (Persero) Tbk, PT Jamkrindo (Persero), dan PT Askrindo (Persero) melakukan sejumlah kegiatan CSR pada sarana pendidikan sebesar Rp1,27 miliar

Bentuk bantuan berupa taman baca, peralatan sekolah, kapal belajar, komputer, alat kesehatan, dan mobil pintar.

Untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November lalu, BUMN juga turut melestarikan alam dengan penyaluran bantuan CSR sebesar Rp1,36 Miliar yang antara lain berupa penanaman pohon dan pengadaan becak motor.

Bantuan ini berasal dari dari PT Pelindo I (Persero), PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero), PT Pelindo IV (Persero) dan PT Telkom (Persero) Tbk. Adapun BUMN yang turut terlibat dalam kegiatan CSR ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pupuk Sriwijaya, PT Pupuk Kaltim, PT Jasa Raharja (Persero), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

"Kami akan memonitor secara ketat realisasi dari komitmen BUMN tersebut untuk memastikan bahwa pelaksanaan bantuan CSR tersebut akan sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta bisa memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat," papar Rini, Kamis (21/12/2017).

Penyerahan CSR tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi CEO BUMN di Toba, Sumatera Utara pada 20-21 Desember 2017. Dalam Rakor tersebut, seluruh pimpinan tertinggi dari 151 BUMN dan Anak Perusahaan Eks BUMN hadir.

Agenda yang dibahas mencakup sinergi antar BUMN serta komitmen dukungan untuk pencapaian tujuan pembangunan, khususnya investasi capex BUMN, dan akselerasi proyek strategis nasional dalam rangka mendorong konektivitas.

Tag : bumn, csr
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top