PPRO Siap Terbitkan Obligasi Tahun Depan

Untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dan pembangan, emiten properti, PT PP Properti Tbk. berencana menerbitkan obligasi dan medium term notes pada tahun depan.
Novita Sari Simamora | 14 Desember 2017 20:15 WIB
Direktur Utama PT PP Properti Tbk Taufik Hidayat memaparkan kinerja perseroan, di Jakarta, Selasa (25/7). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dan pembangan, emiten properti, PT PP Properti Tbk. berencana menerbitkan obligasi dan medium term notes pada tahun depan.

Direktur Keuangan PPRO Indaryanto menuturkan bahwa belanja modal pada tahun depan akan sekitar Rp1,6 triliun. Belanja modal tersebut akan berasal dari penerbitan obligasi dan medium term notes (MTN).

"Bond dan MTN untuk dana jangka panjang, dipakai membangun mall dan hotel. Tenornya akan sekitar 3 tahun dan 5 tahun," ungkapnya di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Indaryanto mengatakan, perseroan berencana untuk menerbitkan obligasi dalam bentuk penawaran umum berkelanjutan (PUB). Dia enggan menyebutkan nilai pendanaan yang dibutuhkan oleh perseroan.

Hingga September 2017, liabilitas jangka panjang yang akan jatuh tempo dalam setahun mencapai Rp478,2 miliar. Sementara itu, liabilitas jangka panjang yang dimiliki PPRO mencapai Rp3,58 triliun.

Baru-baru ini, PPRO telah mengantongi dana dari penerbitan MTN senilai Rp1,2 triliun. Dia menuturkan, lebih mudah dalam menerbitkan MTN meskipun cost of fund yang dikeluarkan lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi.

Menurutnya, penerbitan MTN lebih mudah, dan investor yang membeli instrumen surat utang tersebut cukup banyak. Dia mengklaim, investor di pasar modal memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap PPRO meskipun PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menurunkan peringkat, karena utang yang dimiliki PPRO semakin bertambah.

Tag : pt pp properti
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top