Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Data PMI Positif, Indeks Stoxx Ditutup Menguat Tipis

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,02% atau 0,06 poin ke level 387,12, setelah bergerak pada kisaran 384,65 387,68.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat tipis pada perdagangan Kamis (23/11/2017), setelah data kondisi bisnis zona euro memperkuat optimisme pada perekonomian.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,02% atau 0,06 poin ke level 387,12, setelah bergerak pada kisaran 384,65 – 387,68.

Dilansir Reuters, kondisi bisnis zona euro melonjak pada bulan November dengan indeks manajer pembelian (Purchasing Managers’ Index/PMI) komposit, sektor jasa dan manufaktur melampaui seluruh perkiraan dalam jajak pendapat di Reuters.

"Ini mendukung pandangan bahwa perekonomian Eropa berada dalam kondisi sangat sehat," kata Britta Weidenbach, kepala ekuitas Eropa di Deutsche Asset Management, seperti dikutip Reuters.

Namun, para analis Societe Generale memperingatkan pemulihan zona euro sekarang menjadi “cerita yang terkenal", dan sentimen yang biasanya positif menjadibiasa saja. Selain itu, agenda politik besar di Eropa dapat mempengaruhi pasar.

Di antara saham-saham yang bergerak, saham Altice menguat 3,9% menyusul laporan bahwa emiten telekomunikasi Prancis ini sedang menjual jaringan telekomunikasi di Republik Dominika.

Sementara itu, saham Thyssenkrupp membalikkan pelemahan di awal dan ditutup naik 3,9% setelah permintaan untuk lift membantu meningkatkan pesanannya ke level tertinggi lima tahun.

Seiring musim pendapatan mendekati akhir, pertumbuhan pendapatan emiten MSCI Europe mencapai 10,1% sementara emiten MSCI EMU menikmati pertumbuhan pendapatan hingga 11,1%.

"Kinerja emiten di kuartal ketiga musim ini sesuai dengan harapan kami, dan pasti mendukung pandangan bahwa pasar saham Eropa akan menunjukkan pertumbuhan pendapatan dua digit tahun ini dalam euro," kata Weidenbach.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper