Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Siklis Akhiri Pelemahan Terpanjang Index Stoxx

Pergerakan bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Kamis (16/11), mengakhiri rentetan pelemahan terpanjangnya sejak Oktober 2016, seiring dengan pulihnya sektor-sektor siklis.
Indeks Stoxx 600/Reuters
Indeks Stoxx 600/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pergerakan bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Kamis (16/11), mengakhiri rentetan pelemahan terpanjangnya sejak Oktober 2016, seiring dengan pulihnya sektor-sektor siklis.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,8%, dengan saham DAX naik 0,6%. Sektor jasa finansial, otomotif, dan teknologi berada di antara performa terbaik yang turut mendongrak bursa lebih tinggi.

“Ekuitas Eropa baru-baru ini dirugikan penguatan euro serta beberapa profit taking yang terjadi menjelang akhir tahun,” kata Valentin Bissat, pakar strategi ekuitas Eropa di Mirabaud Asset Management, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/11/2017).

“Setelah kinerja rendah baru-baru ini, kita akan melihat saham siklis kembali naik dalam beberapa pekan ke depan ditopang kenaikan suku bunga jangka panjang dan kurva imbal hasil yang lebih curam,” tambahnya.

Di sisi lain, saham-saham perusahaan energi melemah, setelah indeks minyak dan gas dir Eropa menyentuh level terendahnya dalam satu bulan.

Sementara itu, para investor terus mencermati serangkaian laporan terbaru terkait laba perusahaan.

Saham perusahaan telekomunikasi Prancis Bouygues naik 5,2% setelah meningkatkan target profitabilitasnya untuk tahun ini, didukung kenaikan kuat sebesar 37% laba usahanya sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini.

Saham perusahaan bioteknologi Genmab menguat 6,8% setelah Bernstein memberikan penilaian 'outperform', sedangkan saham Wirecard naik 4,5% setelah Berenberg merekomendasikan pembelian ke sektor pembayaran.

“Penghindaran risiko baru-baru ini menciptakan peluang pembelian saat prospek laba yang kuat terus memberikan dukungan fundamental bagi pasar,” ujar pakar strategi Eropa di Bernstein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper