Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PP Properti (PPRO) Tuntaskan Penerbitan MTN Rp1,2 Triliun

Emiten properti PT PP Properti Tbk. kembali menerbitkan medium term notes dengan nama MTN X PP Properti Tbk. senilai Rp200 miliar.
Direktur Utama PT PP Properti Tbk Taufik Hidayat memaparkan kinerja perseroan, di Jakarta, Selasa (25/7)./JIBI-Endang Muchtar
Direktur Utama PT PP Properti Tbk Taufik Hidayat memaparkan kinerja perseroan, di Jakarta, Selasa (25/7)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten properti PT PP Properti Tbk. kembali menerbitkan medium term notes dengan nama MTN X PP Properti Tbk. senilai Rp200 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi Kustodian Sentral Efek Indonesia, MTN tersebut diterbitkan dengan tingkat bunga 9,75% per tahun dan mulai didistribusikan secara elektronik pada Kamis (16/11/2017).

Pembayaran bunga akan dilakukan tiap tiga bulan sekali dengan pembayaran pertama pada 16 Februari 2018. MTN tersebut memiliki tenor 3 tahun atau akan jatuh tempo pada 16 November 2020.

MTN tersebut didaftarkan dengan satuan perdagangan Rp1 miliar dan satuan pemindahbukuan Rp1,-. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjadi agen pemantau, sementara PT Asta Kapital Asia menjadi arranger.

Berdasarkan keterbukaan informasi perseroan tentang transaksi material pada awal bulan ini, emiten dengan kode saham PPRO ini melaporkan aksi korporasi perseroan berupa penerbitan MTN senilai total Rp1,2 triliun sepanjang tahun ini.

Sebelumnya, PPRO sudah 4 kali menerbitkan MTN tahun ini. Pertama, MTN VI PP Properti Tbk. senilai Rp287 miliar pada 30 Agustus 2017 dengan tenor 3 tahun dan bunga 10%. Kedua, MTN VII PP Properti Tbk. senilai Rp300 miliar, terbagi dalam dua seri.

Seri A diterbitkan pada 20 September 2017 senilai Rp250 miliar, sedangkan Seri B diterbitkan pada 29 September 2017 dengan nilai Rp50 miliar. Keduanya diterbitkan dengan tenor 3 tahun dan kupon 10%.

Ketiga, MTN VIII PP Properti Tbk. dengan nilai pokok Rp200 miliar pada 20 Oktober 2017. MTN ini diterbikan dengan bunga lebih tinggi yakni 10,15% per tahun dan tenor 3 tahun. Keempat, MTN IX PP Properti Tbk. dengan nilai pokok Rp213 miliar pada 3 November 2017 dengan tenor 3 tahun dan bunga 9,75% per tahun.

Dari empat kali penerbitan MTN tersebut, PPRO sudah mengantongi dana Rp1 triliun. Dengan demikian, penerbitan MTN X kali ini merupakan penerbitan MTN terakhir tahun ini yang menggenapi target penerbitan Rp1,2 triliun.

Penerbitan MTN ini tergolong transaksi material sebab nilainya lebih dari 20% tetapi kurang dari 50% dari total ekuitas perseroan per 30 Juni 2017 yang senilai Rp4,67 triliun.

“Penerbitan MTN dipilih untuk memberikan inovasi pendanaan selain dari sumber konvensional dan pendanaan melalui penerbitan MTN ini juga dianggap menguntungkan dan memberikan sumber pendanaan yang lebih cepat dibandingkan pinjaman dari bank,” ungkap manajemen PPRO dalam keterbukaan informasi belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper