Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stok AS Naik, Harga Gas Alam Mendingin

Harga gas alam turun seiring dengan peningkatan stok Amerika Serikat yang mengindikasikan berkurangnya permintaan.

Bisnis.com, JAKARTA—Harga gas alam turun seiring dengan bertumbuhnya stok Amerika Serikat yang mengindikasikan berkurangnya permintaan.

Pada perdagangan Jumat (30/6/2017) pukul 11.28 WIB, harga gas alam untuk kontrak Agustus 2017 turun 0,03% atau 0,001 poin menuju US$3,041 per MMbtu (million British thermal units). Harga menurun dalam 2 sesi berturut-turut.

Sebelumnya pada penutupan perdagangan Kamis (29/6/2017) harga gas alam merosot 1,68% menjadi US$3,042 per MMBTU. Harga menurun setelah empat sesi sebelumnya mengalami kenaikan berturut-turut.

Sepanjang tahun berjalan atau year to date (ytd), harga sudah terkoreksi sebanyak 17,64%. Pada 2016, harga gas alam memanas 33%.

Dikutip dari Bloomberg, harga gas alam menurun karena cuaca yang sejuk menumbuhkan proyeksi penurunan permintaan. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), suhu di sebagian wilayah Timur Laut AS cenderung mendingin sampai 28 Juni 2017.

Berdasarkan data U.S. Energy Information Administration (EIA), Rabu (28/6/2017) dalam sepekan yang berakhir Jumat (23/6/2017) stok gas alam di AS naik 46 miliar kaki kubik. Angka ini lebih rendah dari estimasi sebesar 52 miliar kaki kubik.

Angka tersebut juga masih di bawah rata-rata kenaikan mingguan periode 2012—2016 sejumlah 72 miliar kaki kubik. Oleh karena itu, harga gas alam bergerak bolak-balik hijau atau merah karena respons pasar yang terbagi soal data EIA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Ratna Ariyanti
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper