Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mirae Turunkan Peringkat Investasi Sektor CPO, Ini Penyebabnya!

Mirae Aset Sekuritas Indonesia menurunkan peringkat investasi dalam sektor minyak kelapa sawit atau CPO dari Overweight menjadi netral.
Tandan buah segar/Bisnis.com
Tandan buah segar/Bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA - Mirae Aset Sekuritas Indonesia menurunkan peringkat investasi dalam sektor minyak kelapa sawit atau CPO dari Overweight menjadi netral. 
 
Dalam publikasi risetnya, Selasa (30/5/2017), analis senior Mirae Aset Sekuritas Andy Wibowo Gunawan mengatakan setidaknya ada tiga faktor yang menjadi pertimbangan dalam menurunkan peringkat investasi sektor CPO.
 
Pertama, volume produksi yang lebih tinggi pada semester II/2017. Kedua, mengantisipasi kelebihan pasokan minyak kedelai yang dapat menekan harga minyak kedelai itu sendiri dan CPO global. Ketiga, rencana pemerintah Indonesia untuk memperpanjang moratorium konsensi kelapa sawit baru.
 
Produksi kedelai AS akan meningkat dengan meningkatnya total area tanam dan panen kedelai. Harga kedelai gelobal sangat berkorelasi dengan harga CPO Malaysia.
 
"Artinya persediaan kedelai global yang lebih tinggi akan menekan harga minyak kedelai dan juga harga CPO di bursa Malaysia," paparnya.
 
Menurut Andy, investor lokal tidak menyukai saham CPO karena rencana perpanjangan moratorium. Namun dalam jangka panjang perusahaan sawit dapat mempertahankan pertumbuhan dengan menerapkan strategi yang baim untuk mendapatkan lahan penanaman baru.
 
Selain itu, Mirae masih meyakini permintaan CPO yang positif dalam jangka panjang karena merupakan salah satu bahan utama dan sumber minyak goreng yang paling ekonomis.
 
Adapun rekomendasi saham pilihan dari sektor sawit versi Mirae ialah SSMS dengan target harga Rp1.900 sampai akhir 2017.   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper