Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HP Financials: IHSG Senin (22/5) Menguat, Rekomendasi Saham AALI & BJBR

IHSG hari ini, Senin (22/5) diperkirakan bergerak di kisaran 5505-5895.
Karyawan memantau perkembangan indeks harga saham gabungan (IHSG), di galeri Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (4/5)./JIBI-Endang Muchtar
Karyawan memantau perkembangan indeks harga saham gabungan (IHSG), di galeri Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (4/5)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - IHSG hari ini, Senin (22/5) diperkirakan bergerak di kisaran 5.505--5.895.

Akhir pekan lalu (19/5), lembaga pemeringkat global, Standard and Poor’s (S&P) akhirnya menempatkan Indonesia pada Investment Grade (IG) dengan menaikkan peringkat Indonesia pada level BBB-/stable outlook. Keputusan S&P didasari oleh berkurangnya risiko fiskal seiring kebijakan anggaran pemerintah yang lebih realistis, sehingga membatasi kemungkinan tekanan defisit ke depan secara signifikan.

Langkah ini juga dapat mengurangi risiko peningkatan debt to GDP dan borrowing cost. Peringkat GI dari S&P sempat mendorong kenaikan IHSG lebih dari 3% ke level 5.820, meskipun akhirnya ditutup +2,6% ke 5.791,9. Dengan diraihnya status IG dari tiga lembaga pemeringkat global (Fitch Ratings dan Moody’s Investors Service menaikkan peringkat Indonesia ke investment grade pada Desember 2011 dan Januari 2012), maka peluang meningkatnya foreign flow ke pasar saham maupun obligasi Indonesia akan semakin terbuka. Secara ytd, foreign inflow ke pasar saham dan obligasi Indonesia telah mencapai lebih dari USD 8 miliar.

Sementara itu, Indeks bursa AS Jumat (19/5) ditutup menguat dalam dua sesi berturut-turut namun masih tetap ditutup melemah secara mingguan dengan adanya ketegangan politik di Amerika. Minggu lalu, investor masih sangat dibingungkan dengan banyaknya drama politik, dimulai dari pemecatan presiden FBI, James Comey sampai dengan berita negatif yang terfokus pada hubungan pihak terdekat Donald Trump dengan Russia.

Hal ini sangat mengancam masa depan dari janji kebijakan pro pertumbuhan Donald Trump sehingga para investor masih mengambil posisi menunggu dan melihat hingga ada kejelasan lebih lanjut. Penguatan sesi Kamis dan Jumat diperkirakan karena adanya sentimen positif dari perekrutan mantan direktur FBI, Robert Mueller sebagai penasihat khusus.

Indeks Eropa Jumat ditutup menguat dengan perbaikan setelah selloff akibat Pada perdagangan Jumat (19/5) IHSG ditutup menguat 2.59% atau 146.43 poinke level 5,791.88. Penguatan ini dtopang oleh diterbitkannya investment grade oleh S&P kepada Indonesia.

Pada perdagangan Jumat (19/5) Nilai tukar rupiah ditutup menguat 0,23% atau 31 poin ke level Rp13.325 per dolar AS. Penguatan ditopang oleh diterbitkannya investment grade oleh S&P.

Rekomendasi Saham hari ini.

AALI
Buy, Entry Level: 14.800-14.600, Target: 15.500/16.000, Stoploss: 14.500

BJBR
Buy, Entry Level: 2040-2020; Target: 2110/2240/2470; Stoploss : 1995

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper