Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahana Sekuritas: Bunga Acuan BI Dorong Berlanjutnya Pemulihan Ekonomi Domestik

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia hari ini memutuskan suku bunga acuan tidak berubah selama tujuh bulan berturut-turut untuk mendorong berlanjutnya pemulihan ekonomi, ditengah-tengah kenaikan harga menjelang bulan puasa dan Lebaran.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan suku bunga acuan tidak berubah, dalam selama tujuh bulan berturut-turut untuk mendorong berlanjutnya pemulihan ekonomi, di tengah-tengah kenaikan harga menjelang bulan puasa dan Lebaran.

Sesuai dengan perkiraan PT Bahana Sekuritas, bank sentral kembali menahan BI 7-day repo rate tetap sebesar 4,75%, dengan tetap melihat berbagai risiko global termasuk perkembangan kebijakan AS dan geopolitik yang terjadi di Semenanjung Korea, di tengah-tengah semakin kuatnya pertumbuhan ekonomi negara maju di antaranya AS, Eropa dan China. Jepang juga sudah memperlihatkan perbaikan ekonomi, yang tercermin pada kenaikan permintaan domestik dan ekspor.

''BI terlihat semakin optimistis dengan perbaikan ekonomi secara global, khususnya untuk ekonomi domestik, BI melihat transmisi kebijakan moneter telah memberi kontribusi positif terhadap perbaikan ekonomi,'' ungkap Ekonom Bahana Fakhrul Fulvian.

Pertumbuhan ekonomi domestik pada kuartal pertama tahun ini mencatat angka yang positif sebesar 5,01%, lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu dan juga dibandingkan kuartal empat 2016. Bank sentral memperkirakan perekonomian sepanjang tahun ini akan tumbuh di kisaran 5%--5,4% secara tahunan. Sejalan dengan perkiraan BI, Bahana memperkirakan perekonomian tumbuh 5,3% pada 2017.

Perbaikan ini terutama ditopang oleh peningkatan ekspor yang membuat neraca perdagangan tetap surplus hingga April serta memberi dampak lanjutan pada perbaikan defisit transaksi berjalan selama kuartal pertama. Defisit transaksi berjalan pada kuartal pertama 2017, tercatat sebesar US$2,4 miliar atau defisit 1% dari produk domestik bruto (PDB), penurunan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan defisit pada kuartal pertama tahun lalu tercatat sebesar US$4,7 miliar atau 2,1% dari PDB.

Sehingga Bahana memangkas perkiraan defisit transaksi berjalan pada akhir tahun ini menjadi 1,6% dari PDB, dibandingkan perkiraan sebelumnya sebesar 2,1% dari PDB, juga perkiraan defisit untuk 2018 turun menjadi 2% dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper