Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sritex Bertekad Besarkan Porsi Ekspor

PT Sri Rejeki Isman Tbk. yang bergerak di industri tekstil terus membesarkan kontribusi pasar ekspor untuk menopang kinerja perusahaan berkode saham SRIL itu.
Pabrik tekstil Sritex/Antara-R. Rekotomo
Pabrik tekstil Sritex/Antara-R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA- PT Sri Rejeki Isman Tbk. yang bergerak di industri tekstil terus membesarkan kontribusi pasar ekspor untuk menopang kinerja perusahaan berkode saham SRIL itu.

SRIL mencatatkan penaikan penjualan sebesar 6,82% menjadi US$180,18 juta pada kuartal I/2017.  Dengan hasil itu, maka penaikan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar 7,78% dari US$16,44 juta pada kuartal I/2016 menjadi US$17,72 juta pada kuartal I/2017.

Di sisi lain, pada periode kuartal pertama tahun ini terjadi peningkatan kontribusi penjualan ekspor menjadi 53% dari total penjualan selama kuartal I 2017 dari sebelumya 49% (kuartal I 2016).

Peningkatan kontribusi pasar ekspor itupun melanjutkan tren pada tahun lalu. Sebagai catatan, pada 2015, kontribusi pasar domestik masih di level 51,54% terhadap penjualan, sedangkan ekspor sebesar 48,45%.

Sebaliknya pada 2016, kontribusi ekspor melebihi catatan penjualan domestik. Hal itu sejalan dengan aksi perluasan pasar ekspor yang digenjot SRIL. Pada 2016, kontribusi  ekspor menjadi 52% dari total penjualan.

Direktur Utama SRIL Iwan Setiawan Lukminto mengungkapkan kinerja ekspor yang perlahan naik itu merupakan buah strategi perusahaan. “Dengan bertambahnya kapastitas produksi maka di tahun 2017, kami menargetkan penjualan ekspor bisa berkontribusi sampai 56% dari total penjualan,” katanya, Kamis (18/5/2017).

Di sisi lain, terdapat penambahan portofolio pelanggan global tersebut didukung oleh program diversifikasi perusahaan lewat produk tas, ransel, sleeping bag, sarung tangan, tenda, IPP set (Integrated Personal Protection set) yang digunakan oleh tentara khusus. SRIL juga merancang produk pakaian CBRN (chemical, biological, radiation and nuclear) dan juga pakaian anti-stain yang digunakan oleh juru masak serta produk-produk lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Maftuh Ihsan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper