Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia - Hong Kong Rancang Perjanjian Perdagangan Bebas di Sektor Jasa

Australia dan Hong Kong memulai perundingan untuk perjanjian perdagangan bebas, yang berfoAustralia dan Hong Kong memulai perundingan untuk perjanjian perdagangan bebas, yang berfokus pada peningkatan sektor jasa di kedua negara dalam satu tahun ke depan.nnkus pada peningkatan sektor jasa di kedua negara dalam satu tahun ke depan.
Jembatan Sydney Harbour, Australia./Reuters
Jembatan Sydney Harbour, Australia./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Australia dan Hong Kong memulai perundingan untuk perjanjian perdagangan bebas, yang berfokus pada peningkatan sektor jasa di kedua negara dalam satu tahun ke depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perdagangan Australia, Steven Ciobo, dalam pertemuannya dengan Sekretaris Perdagangan dan Ekonomi Hong Kong, Gregory So, Selasa (16/5/2017).

Dalam pertemuan tersebut, Ciobo mengatakan  perjanjian ini akan berfokus pada peningkatan akses untuk jasa keuangan, pendidikan, perjalanan, konstruksi, pertambangan, energi dan perusahaan transportasi

“Australia akan mencoba menegosiasikan perjanjian perdagangan bebas seluas mungkin selama 12 bulan ke depan. Jika bisa sedikit lebih cepat akan lebih baik," ungkap Ciobo kepada Sky News, seperti dikutip Reuters.

Data pemerintah Austalia menunjukkan, Hong Kong merupakan pasar ekspor terbesar kedelapan Australia dan mitra dagang terbesar ke 12 secara keseluruhan pada tahun 2015 hingga 2016.

Perdagangan dua arah antar kedua negara bernilai A$15,3 miliar (US$11,4 miliar) dengan kurang-lebih 600 perusahaan Australia beroperasi di Hong Kong.

Ciobo mengatakan bahwa perjanjian perdagangan bebas dengan Hong Kong akan fokus untuk mendapatkan akses yang signifikan bagi perusahaan jasa dari Australia, yang masih kurang terwakili dalam perdagangan.

"Jasa pada dasarnya mencakup 80% dari perekonomian Australia namun hanya mewakili sekitar 22% ekspor nasional kita," kata Ciobo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper