Bumiputera Sekuritas: IHSG Masih Tren Bearish, Ini Rekomendasi Sahamnya

IHSG hari ini, Selasa (16/5) diperkirakan akan bergerak di kisaran level 5.663--5.700. Untuk jangka pendek indeks masih rawan berada pada tren bearishnya.
Fajar Sidik | 16 Mei 2017 08:51 WIB
Karyawan berkomunikasi di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta, Kamis (27 - 4).JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - IHSG hari ini, Selasa (16/5) diperkirakan akan bergerak di kisaran level 5.663--5.700. Untuk jangka pendek indeks masih rawan berada pada tren bearishnya.

Mengutip riset Bumiputera Sekuritas, pertama dalam lima hari terakhir, foreign net tercatat outflow. Kami menilai, kecemasan investor sedang meningkat di tengah maraknya isu virus Wannacry. Tak semata karena virus, kami juga beranggapan asing memanfaatkan momentum kenaikan saham–saham blue chip dalam beberapa waktu terakhir sebagai aksi profit taking seiring juga dengan dinantinya nilai peringkat utang Indonesia dari S&P.

Rekap perdagangan IHSG kemarin, terlihat bahwa dominan level pergerakan harian berada di kisaran 5.658–5.669.Meski di sesi penutupan perdagangan IHSG mengalami lonjakan namun dari sisi volume kemarin sebesar 6,389 triliun, nilai tersebut turun 9,88% dibanding dengan rata–rata volumenya selama 20 hari terakhir.Indikasi tersebut mensinyalkan untuk jangka pendek bahwa IHSG masih rawan berada pada trend bearishnya.

Dari sisi sentimen, baik dalam negeri maupun global, dinilai tidak ada yang terlalu signifikan. Hanya saja, hari ini Bank sentral Australia akan mengadakan rapat bulanan untuk menentukan arah kebijakan moneternya.

Pergerakan harian diestimasi akan berada di kisaran level 5.663 - 5.700. Sektor yang sekiranya dapat diperhatikan, semakin mendekati bulan suci Ramadan, pada umumnya sektor–sektor consumer goods dan ritel menoreh kinerja cukup positif, seiring dengan harga–harga bahan baku yang relative naik menjelang Ramadan, maka pelaku usaha secara tak langsung pun turut menaikkan harga barangnya. Selain itu dapat diperhatikan subsector telekomunikasi.

Adapun untuk rekomendasi saham hari ini adalah:

ACES : Trading Buy
ITMG : Speculative Buy
MAPI : Trading Buy
PTBA : Trading Buy

Watchlist

AALI
Recommendation: Speculative Buy
TP :14.975 – 15.025
SL : 14.475 – 14.390
Technical: RSI turun, volume turun. Memang secara teknikal saham masih belum mengindikasikan adanya rebound. Sehingga untuk jangka pendek masih rawan mengalami profit taking dan berada di kisaran support 14.465 – 14.290. namun, jika saham hingga hari ini ternyata anjlok hingga 14.250 – 14.240 , saham layak dipertimbangkan.

LSIP
Recommendation: Trading Buy
TP : 1.520 – 1.530
SL : 1.455 – 1.450
Technical: Long lower shadow dengan body kecil dan upper shadow lebih rendah dibangind lower shadow nya. Setelah saham mengalami tekanan jual, perlahan di dominasi oleh permintaan beli saham bergerak merangkak naik. Untuk jangka harian, saham masih layak dipertimbangkan. Ada potensi untuk bergerak kea rah resistance 1.520 – 1.530. Tetap waspada profit taking lantaran harga saham sudah mencapai batas garis extreme level I.

SRIL
Recommendation: Trading Buy
TP : 338 – 342
SL : 310 – 306
Technical: RSI Flat dan volume relative lebih rendah dibandingkan kemarin, menjadikan ekspektasi perdagangan hari ini saham tidak terlalu ramai dan masih cenderung rawan berada di zona profit taking. Oleh karena nya, saham layak dipertimbangkan jika hari ini break support di kisaran 312--308.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rekomendasi saham

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top