Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Penjualan Mobil dan Motor MPM Melambat

PT Mitra Mustika Pinasthika Tbk. mencatatkan kinerja penjualan roda dua dan roda empat yang menurun pada kuartal pertama tahun ini.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Mitra Mustika Pinasthika Tbk. mencatatkan kinerja penjualan roda dua dan roda empat yang menurun pada kuartal pertama tahun ini.

Dikutip dari rilis resmi yang diterima Bisnis.com, Sabtu (29/4/2017), pendapatan perseroan turun 4% dari kuartal pertama 2016, dari Rp4,1 triliun menjadi Rp3,9 triliun.

Perusahaan berkode saham MPMX itu menilai penurunan pendapatan merupakan imbas cuaca kurang kondusif sepanjang 2 bulan pertama tahun ini yang mempengaruhi kinerja bisnis distribusi dan ritel.

Unit bisnis Perseroan di bidang distribusi dan ritel serta consumer parts berkontribusi sebanyak 85% terhadap total pendapatan. Sisanya, pendapatan berasal dari jasa di segmen jasa otomotif dan keuangan yang menghasilkan kontribusi positif pada total pendapatan Perseroan.

Segmen bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda dua, MPMX melalui MPMulia dan MPMotor mencatatkan pendapatan sebesar Rp 3,2 triliun atau turun 3% dibanding kuartal I 2016.

Penurunan ini terutama disebabkan oleh cuaca yang kurang kondusif dan berefek pada kondisi ekonomi lokal.

Akan tetapi, hasil tersebut masih lebih baik dibanding penjualan sepeda motor nasional yang mengalami penurunan 16% ke 473,896 unit pada tiga bulan pertama 2017. Pada triwulan pertama ini, MPMulia berhasil menjual sebanyak 197,286 unit motor Honda.

Pada bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda empat, triwulan pertama ini, MPMX melalui MPMAuto menjual sebanyak 528 unit mobil merk Nissan-Datsun atau menurun sebanyak 66% dibanding kuartal I tahun lalu. Alhasil, berujung pada penurunan pendapatan sebanyak 60% karena ketersediaan produk yang terbatas. 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper