BURSA ASIA: Reli Indeks MSCI Berlanjut. Pasar Pantau Hal Berikut Pekan Ini

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,5% pada pukul 11.53 pagi waktu Tokyo (pkl. 09.53 WIB), kenaikan untuk hari keempat.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 25 April 2017  |  11:41 WIB
BURSA ASIA: Reli Indeks MSCI Berlanjut. Pasar Pantau Hal Berikut Pekan Ini
bursa asia

Bisnis.com, TOKYO – Pergerakan bursa saham di Asia menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (25/4/2017), memperpanjang reli yang meluas di seluruh pasar finansial global pasca pemilihan umum di Prancis.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,5% pada pukul 11.53 pagi waktu Tokyo (pkl. 09.53 WIB), kenaikan untuk hari keempat.

Sementara itu, bursa saham Jepang menguat untuk sesi perdagangan keempat berturut-turut, setelah indeks MSCI All-Country World ditutup di level tertingginya dan brusa saham Eropa melonjak ke level tertinggi dalam 20 bulan.

Pergerakan pasar melonjak setelah kandidat presiden Prancis Emmanuel Macron unggul sebagai calon favorit dalam putaran pertama pemilihan Presiden Prancis akhir pekan lalu. Hal tersebut meredakan kekhawatiran atas kemungkinan bahwa Prancis akan meninggalkan blok mata uang euro.

Dengan memudarnya kecemasan seputar pemilihan presiden di Prancis, kelegaan investor kemungkinan juga muncul dengan tidak adanya provokasi dari Korea Utara dan tanda-tanda stabilitas di pasar China.

Fokus para pedagang saat ini beralih pada serangkaian agenda penggerak potensial pasar lainnya pekan ini, termasuk laporan keuangan dan agenda Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut.

“Peningkatan dalam minat terhadap aset berisiko merupakan hasil dari satu peristiwa, namun pekan ini banyak faktor untuk diwaspadai,” ujar Jingyi Pan, ahli strategi pasar di IG Asia Pte Ltd., dikutip dari Bloomberg.

Menurut seorang pejabat Gedung Putih, Trump akan menyerukan pemangkasan pajak untuk perorangan serta menurunkan tarif korporasi menjadi 15% saat dia mengumumkan rencananya pada hari Rabu.

Pada saat yang sama, pemerintah tampaknya siap untuk menggelar rencana pembangunan dinding perbatasan Meksiko dalam RUU pengeluaran pekan ini, yang berpotensi menyebabkan benturan dengan partai Demokrat.

Para pedagang juga memantau perkembangan dari Korea Utara, di saat Kim Jong Un memperingati hari jadi ke-85 tentara rakyat Korea hari ini.

Sejalan dengan indeks MSCI, indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,5%. Sementara itu, indeks Shanghai Composite naik 0,2% setelah terjerembab 1,4% pada Senin dan indeks Hang Seng menanjak 0,9%.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bursa Asia

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top