Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Produk Layak Dibeli

Sepanjang pekan lalu, kinerja indeks reksa dana saham dan campuran mengalami pelemahan dengan kinerja mingguan masing-masing -1% dan -0,29%.
Ilustrasi
Ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA-Sepanjang pekan lalu, kinerja indeks reksa dana saham dan campuran mengalami pelemahan dengan kinerja mingguan masing-masing -1% dan -0,29%. 
 
Reza Viola Purba, research analyst PT Infovesta Utama, menuturkan bahwa kinerja negatif reksa dana saham dan reksa dana campuran sejalan dengan kinerja ibdeks harga saham gabungan (IHSG) yang mencatat kinerja -1,12% sepanjang pekan lalu dan ditutup pada level 5.616 pada Kamis (13/4). 
 
Indeks reksa dana syariah saham dan campuran pun membukukan kinerja negatif pada pekan lalu, yakni -0,51% dan -0,32%. 
 
Kendati begitu, kinerja indeks reksa dana saham sejak Januari hingga 13 April 2017 tercatat sebesar 2,83% dan kinerja indeks reksa dana campuran sebesar 3,85%. 
 
Berdasarkan data Infovesta Utama, lima produk reksa dana saham yang membukukan return tertinggi secara year to date, yakni SAM Dana Cerdas 13,68%, SAM Indonesia Equity Fund 13,65%, HPAM Syariah Ekuitas 9,75%, Prospera Syariah Saham 9,12%, dan OSO Borneo Equity Fund 8,68%. 
 
Sementara itu, lima produk reksa dana campuran dengan return tertinggi secara ytd, yakni Minna Padi Keraton Balance 9,79%, Pacific Balance Syariah 7,99%, SAM Dana Berkembang 6,53%, SAM Dana Bersama 6,45%, dan HPAM Premium-1 6,3%. 
 
Dari sisi dana kelolaan, nilai asset under management (AUM) atau dana kelolaan reksa dana saham meningkat Rp444,8 miliar sepanjang Maret 2017 menjadi Rp109,73 triliun dan AUM reksa dana campuran bertambah Rp845,05 miliar menjadi Rp22,75 triliun pada akhir bulan lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper