Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kimia Farma Tambah Penyertaan di Anak Usaha Rp78,75 Miliar

Emiten industri farmasi, PT Kimia Farma Persero Tbk. melakukan penambahan penyertaan saham pada anak usaha, PT Kimia farma Sungwun Pharmacopia (KFSP) senilai Rp78,75 miliar.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Emiten industri farmasi, PT Kimia Farma Persero Tbk. melakukan penambahan penyertaan saham pada anak usaha, PT Kimia farma Sungwun Pharmacopia (KFSP) senilai Rp78,75 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan Rabu (12/4/2017), langkah tersebut dilakukan untuk mendukung rencana pembangunan pabrik bahan baku obat oleh KFSP dan dalam rangka mempertahankan presentase kepemilikan saham perseroan dalam KFSP.

Penambahan penyertaan saham pada KFSP adalah sebesar Rp78,75 miliar untuk mengambil bagian sejumlah 787.500 lembar saham KFSP yang memiliki nilai nominal Rp100.000 per saham dengan harga penerbitan sebesar Rp100.000 per saham.

Rencaanya, KFSO akan membangun pabrik obat atau active pharmaceutical ingredient di Kawasan Industri Lippo Cikarang. Dengan demikian, setelah pabrik tersebut dapat berproduksi maka diharapkan ketergantungan akan impor bahan baku obat akan dapat diminimalkan dan Indonesia dapat mandiri dalam produksi obat.

Melengkapi penyertaaan modal pada KFSP diperlukan untuk perolehan pendanaan dengan memperhatikan rasio 30% modal sendiri dan 70% dari pendanaan dari perbankan atau institusi keuangan lainnya dalam rangka pembangunan pabrik yang akan memproduksi 8 jenis bahan baku obat, yakni Simvastatin, Atorvastatin, Rosuvastatin, Pantoprazole, Esomeprazole, Rabeprazole, Clopidogrel, dan Sarpogrelate dengan total kapasitas produksi 30 ton per tahun.

Selain itu, pabrik juga akan memproduksi high function chemical yang merupakan bahan baku kosmetika dan food supplement yang rencananya akan menjadi produk ekspor ke mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper