RUPIAH ATAS DOLAR AS: Sentimen Penggerak Kurs Hari Ini (30 Maret 2017)

Samuel Sekuritas Indonesia mengemukakan pergerakan kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat dipengaruhi sejumlah sentimen, termasuk dari dalam negeri
Linda Teti Silitonga | 30 Maret 2017 09:04 WIB
Rupiah. - .MediumTermNotes.com

Bisnis.com, JAKARTA- Samuel Sekuritas Indonesia mengemukakan pergerakan kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat dipengaruhi sejumlah sentimen, termasuk dari dalam negeri.

“Sembari menunggu inflasi Maret 2017 yang dijadwalkan rilis Senin mendatang, fokus akan teralihkan oleh rencana aksi demonstrasi ormas Islam yang dijadwalkan Jumat besok,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Kamis (30/3/2017).

Dikemukakan rupiah yang sempat melemah di pembukaan, akhirnya berhasil menguat diperdagangan Rabu. Permintaan tinggi SUN yang dibarengi oleh pemulihan IHSG, berhasil mengurangi dampak negatif kembalinya penguatan indeks dolar terhadap rupiah.

Walaupun menguat, ujarnya, rupiah masih menjadi salah satu kurs yang penguatannya paling sedikit di Asia semenjak awal tahun.

Sementara itu, tambahnya, indeks dolar AS kembali menguat.

“Tetapi kali ini lebih akibat pelemahan pound sterling dan euro, seiring dengan dimulainya proses Brexit secara resmi hingga 2 tahun mendatang,” kata Rangga.

Di sisi lain, harga minyak mentah mulai bangkit dengan ekspektasi data produksi OPEC Maret 2017 yang turun drastis.

Obligasi masih terus diminati di pasar global walaupun pelemahan indeks saham, mulai tertahan.

“Fokus tertuju pada revisi pertumbuhan PDB AS kuartal IV/2016 yang diperkirakan naik tipis,” kata Rangga. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gonjang Ganjing Rupiah

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top