Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PGAS Salurkan Gas Bumi ke Pabrik Sari Roti

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) atau PGN menyalurkan gas alam terkompresi (compressed natural gas /CNG) ke pabrik roti milik PT Nippon Indosari Corporindo Tbk. (ROTI) di Semarang.
PGAS salurkan gas alam terkompresi ke pabrik roti milik PT Nippon Indosari Corporindo Tbk. (ROTI) di Semarang./.
PGAS salurkan gas alam terkompresi ke pabrik roti milik PT Nippon Indosari Corporindo Tbk. (ROTI) di Semarang./.

Bisnis.com, JAKARTA— PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) atau PGN menyalurkan gas alam terkompresi (compressed natural gas /CNG) ke pabrik roti milik PT Nippon Indosari Corporindo Tbk. (ROTI) di Semarang.

Sales Area Head Semarang PGN Edy Sukamto mengatakan perseroan makin memperluas pasokan gas bumi ke berbagai daerah. Penyaluran gas tidak hanya secara konvensional yakni melalui jaringan pipa gas, melainkan dalam bentuk gas alam terkompresi atau compressed natural gas (CNG), salah satunya pabrik roti di Semarang, Jawa Tengah.

"Hari ini PGN baru saja memasok gas bumi ke PT Nippon Indosari Corporindo. Pabrik ini memproduksi roti dengan merek Sari Roti," kata, Senin (20/3/2017) melalui keterangan tertulis.

Untuk tahap awal, Nippon Indosari Corporindo akan menggunakan gas bumi PGN untuk peralatan boiler. Kemudian di tahun berikutnya gas bumi akan digunakan untuk peralatan oven untuk produksi roti. Adapun, untuk tahap awal diperkirakan konsumsi gas bumi di pabrik roti ini sekitar 8.000 meter kubik (m3) per bulan, untuk tahun selanjutnya karena gas buminya akan digunakan untuk oven diperkirakan konsumsi gas buminya naik sekitar 30.000-40.000 m3 per bulan.

Edy menambahkan, PGN memasok gas bumi ke Nippon Indosari Corporindo dalam bentuk CNG. Ini merupakan salah satu inovasi dari PGN untuk menyalurkan gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan ke daerah-daerah yang belum terbangun pipa gas bumi. Nippon Indosari Corporindo berada di kawasan industri Wijaya Kusuma, Semarang, Jawa Tengah.

"Gas bumi kami olah menjadi CNG, lalu oleh PGN diangkut ke Wijaya Kusuma menggunakan armada truk CNG. Sehingga industri-industri di Semarang bisa segera menikmati atau menggunakan gas bumi yang efisien ini lebih cepat sambil menunggu pembangunan jaringan pipa gas di wilayah Semarang," ungkap Edy.

Vice President Corporate Communication PGN Irwan Andri Atmanto  menambahkan, sebelum menggunakan gas bumi PGN, pabrik ini menggunakan liquefied petroleum gas (LPG) dengan konsumsi sekitar 7.000-10.000 m3 per bulan.

Dengan mengganti bahan bakar dari LPG ke gas bumi CNG, Nippon Indosari ini dapat menghemat pengeluaran bahan bakar cukup besar. Pasalnya, gas CNG dari PGN harganya lebih hemat hampir 50%.

"Salah satu alasan utama Sari Roti beralih ke gas bumi PGN karena efisiensi dan bersih serta aman. Gas bumi merupakan bahan bakar efisien dan bersih dibanding bahan bakar lainnya," ungkap Irwan.

Seperti diketahui, PGN adalah pemain utama gas bumi di Indonesia. Infrastruktur pipa gas bumi PGN mencapai 7.278 km atau setara dengan 80% pipa gas bumi hilir di Indonesia, dengan volume gas yang disalurkan sebesar 1.599 million standard cubic feet per day (MMSCFD).

Saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 165.392 pelanggan rumah tangga; 1.929 pelanggan sektor UMKM, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan; serta 1.652 industri manufaktur berskala besar dan pembangkit listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper