PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk. Melantai di Bursa Efek Indonesia

PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk., pada hari ini, Kamis (16/3/2017) mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia untuk pelaksanaan Penawaran Umum Perdana Saham atau initial public offering (IPO).
Emanuel B. Caesario | 16 Maret 2017 10:24 WIB
Pekerja melintas dengan latar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Jumat (24/2). - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk., pada hari ini, Kamis (16/3/2017) mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia untuk pelaksanaan Penawaran Umum Perdana Saham atau initial public offering (IPO).

Emiten yang mendapatkan kode saham PORT ini merupakan suatu perusahaan yang mengoperasikan dan mengembangkan terminal petikemas dan kargo termasuk dalam melakukan desain dan memasok peralatan terminal (menyediakan end-to-end port business solution).

Perseroan adalah perusahaan nasional pelabuhan terintegrasi yang pertama tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Dalam keterangan resmi yang dirilis perseroan pada Kamis (16/3/2017), perseroan menyatakan menerbitkan sebanyak 576.858.100 saham baru atau sebesar 20,5% dari modalnya setelah lPO.

Setelah masa penawaran awal yang berlangsung pada tanggal 9 Februari 2017 hingga 21 Februari 2017, harga lPO saham perseroan ditetapkan sebesar Rp535,- per lembar saham.

Dengan demikian, perseroan memperoleh dana sebesar Rp 308,6 miliar. PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. bertindak sebagai
Penjamin Pelaksana Emisi Efek (Lead Underwriter) dalam IPO ini.

Perseroan berencana untuk menggunakan dana hasil IPO (setelah dikurangi keseluruhan biaya-biaya emisi termasuk pajak) untuk dua tujuan.

Pertama, kurang lebih sebesar 65% akan dipergunakan untuk pembayaran seluruh utang perseroan kepada PT Episenta Utama Investasi sebagai salah satu saham pemegang perseroan.

Kedua, sisanya kurang lebih sebesar 35% akan dipergunakan untuk modal kerja Perseroan.

Garibaldi Thohir, pengusaha nasional, yang merupakan pemegang saham pengendali perseroan, berharap agar perseroan berperan aktif di dalam pembangunan industri pelabuhan di tanah air bersama pemerintah
untuk mencapai kejayaan Indonesia sebagai negara maritim.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, perseroan dipimpin oleh tim manajemen yang solid dan berpengalaman dengan Paul Krisnadi sebagai Direktur Utama.

Tim manajemen perseroan diarahkan dan dibantu oleh jajaran dewan komisaris, dengan Agus Suhartono, selaku Komisaris Utama, dan juga Eddy Kuntadi, pengusaha nasional yang menjadi komisaris perseroan.

Tag : ipo
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top