BURSA ASIA: Eropa Bergejolak, Indeks MSCI Lanjut Turun ke Level Terendah

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2%, sedangkan indeks Topix Jepang melemah 0,3% pada pukul 01.21 waktu Tokyo (11.21 WIB).
Renat Sofie Andriani | 20 Desember 2016 12:04 WIB
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan saham di Asia dilaporkan melemah ke level terendah dalam dua pekan pada perdagangan siang ini, Selasa (20/12/2016), di tengah meningkatnya kekhawatiran kondisi geopolitik menyusul pembunuhan terhadap duta besar Rusia untuk Turki serta konflik kekerasan di Jerman dan Swiss.

Sementara itu, pergerakan bursa saham Jepang dan kinerja mata uang yen melemah, dipimpin oleh pelemahan saham energi dan jasa finansial, setelah Bank of Japan (BOJ) memutuskan tidak mengubah kebijakan moneternya.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2%, sedangkan indeks Topix Jepang melemah 0,3% pada pukul 01.21 waktu Tokyo (11.21 WIB).

Seperti dilansir Bloomberg hari ini, pembunuhan utusan Rusia di Ankara menambah ketidakpastian geopolitik setelah pekan lalu China menyita drone angkatan laut AS serta konflik di Suriah meningkat.

“Pada beberapa titik, kita akan melihat sedikit penurunan. Saya kira hal itu akan muncul dalam dua bulan pertama tahun baru. Isu nyata yang akan ada adalah ketegangan antara AS dan China, serta tentunya risiko perpecahan di zona euro yang menjadi fokus bersama dengan sejumlah agenda pemilu di seluruh Eropa selama 12 bulan ke depan,” ujar Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investors.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa asia

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top