PASAR OBLIGASI: Imbal Hasil Surat Utang Pemerintah AS Melorot Ke Level Terendah

Imbal hasil US Treasuries atau Surat Utang Pemerintah Amerika Serikat tenor 10 tahun dan 30 tahun telah menyentuh level terendah. Penurunan imbal hasil itu disebabkan oleh pemegang obligasi AS itu rata-rata dari Negara dengan suku bunga negatif.
Surya Rianto | 02 Juli 2016 15:52 WIB
obligasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Imbal hasil US Treasuries atau Surat Utang Pemerintah Amerika Serikat tenor 10 tahun dan 30 tahun telah menyentuh level terendah. Penurunan imbal hasil itu disebabkan oleh pemegang obligasi AS itu rata-rata dari Negara dengan suku bunga negatif.

Untuk imbal hasil surat utang pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan tenor 30 tahun turun 10 basis poin (bps) menjadi 2,18%. Persentase itu adalah level yang belum terjadi sebelumnya, sedangkan untuk  tenor 10 taun berada di level 1,37%.

Mohamed El-Erian, ekonom utama Allianz SE, mengatakan alasan penurunan imbal hasil surat utang pemerintah AS itu disebabkan karena 30% pemegangnya adalah negara yang bank sentralnya menerapkan kebijakan suku bunga negatif seperti Eropa dan Jepang.

"Untuk imbal hasil Treauries AS dengan tenor 10 tahun pun mungkin saja jatuh lagi ke 1,25%. Hal itu akan sangat mudah bila melihat aktivitas Europe Central Bank (ECB) dan perlambatan ekonomi di benua biru tersebut," ujarnya seperti dilansir Bloomberg pada Sabtu (2/7).

Adapun, kondisi imbal hasil yang terus melorot itu bisa mempengaruhi beebrapa aspek seperti hipotek AS dan obligasi korporasi di Negeri Adidaya tersebut.  

Sumber : Bloomberg

Tag : Obligasi
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top