Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Japfa Comfeed Gulirkan Rp106 Miliar untuk Belanja Modal

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. merealisasikan belanja modal sebesar Rp106 miliar atau 14,8% dari total anggaran tahun ini yang diestimasi sebesar Rp712 miliar. n
Kantor Japfa Comfeed/Ilustrasi-shareinv.com
Kantor Japfa Comfeed/Ilustrasi-shareinv.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. merealisasikan belanja modal sebesar Rp106 miliar atau 14,8% dari total anggaran tahun ini yang diestimasi sebesar Rp712 miliar.

Berdasarkan bahan pemaparan perseroan yang dikutip Selasa (17/5/2016), realisasi belanja modal pada kuartal I/2016 itu lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp231 miliar.

Sebelumnya, Wakil Direktur Utama Japfa Comfeed Indonesia Bambang Budi Hendarto menuturkan nilai capital expenditure pada 2016 hampir sama dengan tahun lalu. Sebagian capex akan digunakan untuk hilirisasi, yaitu fokus pada pembangunan rumah potong ayam.

Pada 2015, realisasi capex JPFA mencapai Rp712 miliar. Adapun alokasinya sekitar Rp200 miliar untuk pabrik pakan, Rp150 miliar untuk breeding, sekitar Rp200 miliar untuk rumah potong, dan sisanya untuk perikanan dan sapi.

"Pembangunan rumah potong ayam diharapkan dapat menstabilkan naik turunnya harga live birds dan memberikan nilai tambah di pasar hilir," kata Bambang belum lama ini.

Menurutnya, capex bersumber dari kas internal perseroan. Sekitar 33% dari capex merupakan investasi rutin atau perbaikan mesin dan industri yang ada. Sedangkan 66% lainna digunakan untuk penambahan kapasitas.  "Sumbernya dari intern, tidak ada pinjaman dari luar. Perseroan masih melakukan efisiensi pada inventory," ucapnya.

Mulai 2015, JPFA mengerem nilai belanja modal perseroan. Padahal dari 2011 hingga 2014 nilai capex terus meningkat. Berdasarkan data perseroan realisasi capex JPFA mencapai Rp1 triliun pada 2011, Rp1,36 triliun pada 2012, Rp1,56 triliun pada 2013, dan Rp1,59 triliun pada 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper