Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTBA: Akuisisi Saham Ignite Rampung pada Desember 2016

PT Bukit Asam (Persero) Tbk. menargetkan proses akhir akuisisi 24% saham Ignite Resource Energy Ltd (close to deal) bisa rampung pada Desember 2016.
PTBA. /Bisnis.com
PTBA. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bukit Asam (Persero) Tbk. menargetkan proses akhir akuisisi 24% saham Ignite Resource Energy Ltd (close to deal) bisa rampung pada Desember 2016. Perseroan saat ini mengajukan kajian baru terkait pembangunan commercial plant di Indonesia.

Direktur Operasional Bukit Asam, Joko Pramono, mengatakan awalnya commercial plant akan dibangun di Australia. Rencana pendirian commercial plant itu kini tengah dikaji dan diharapkan hasil kajia bisa rampung pada September 2016.

"Kajiannya masih berjalan dan kami harapkan Desember [sudah close to deal]," ujarnya kepada Bisnis.com selepas rapat dengar pendapatan dengan Komisi VI DPR, Senin (25/4/2016).

Joko menjelaskan proses akuisi sebetulnya telah berlangsung sejak 2015. Dalam catatan Bisnis.com dana yang disiapkan Bukit Asam untuk aksi akuisisi ini mencapai US$30 juta.

Bukit Asam kepincut mengambil alih sebagian saham Ignite karena perusahaan energi asal Australia itu dinilai memiliki teknologi yang mumpuni dalam meningkatkan kualitas batu bara.

Menurut Joko, Ignite memakai teknologi Cat-HTR yang dapat mengolah batu bara menjadi Synthettic Crude Oil atau minyak mentah sintesis yang lebih lanjut dapat diurai menjadi minyak diesel, avtur dan gasoline, serta menghasilkan batu bara kalori tinggi.

Dia menekankan di tengah harga batu bara yang masih tertekan, peningkatan kualitas batu bara melalui teknologi perlu dilakukan untuk menjaga tingkat pertumbuhan.

Untuk membangun commercial plant di Indonesia, Bukit Asam memperkirakan kebutuhan dana sekitar US$180 juta. Dana tersebut cukup untuk membangun commercial plant dengan skala medium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper