Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA BATU BARA: Batu Hitam Turun Lagi, China Bidik Pasar Global

Harga batu bara ditutup melemah pada perdagangan Selasa (29/3/2016), China pertimbangkan peningkatan ekspor.
Batu bara/JIBI-Rahmatullah
Batu bara/JIBI-Rahmatullah

Bisnis.com, JAKARTA — Harga batu bara ditutup melemah pada perdagangan Selasa (29/3/2016), China pertimbangkan peningkatan ekspor.

Perdagangan batu hitam untuk kontrak April 2016 tersebut menurun 0,15 poin atau 0,34% ke level US$44,45/metrik ton.

Menurut laporan Green Peace dan Sierra Club diungkapkan saat ini jumlah listrik yang dihasilkan dari batu bara telah menurun selama dua tahun berturut-turut, industri telah mengabaikan tren ini dan terus memakai batu bara untuk menghasilkan tanaman dengan pesat.

Database Global Coal Plant Tracker menyebutkan peningkatan jumlah pembangkit listrik tenaga batu bara dapat merusak tujuan global menahan kenaikan suhu sejak masa pra-industri hingga 2 derajat celsius (3,6 derajat fahrenheit).

Semakin ketatnya aturan terkait lingkungan dan akibat melemahnya permintaan domestik menjadikan China Shenhua Energy Co. melihat potensi peningkatan ekspor batu bara hingga delapan kali lipat dengan membidik pembeli di luar negeri.

Ling Wen, Wakil Direktur Utama produsen tersebut mengatakan pihaknya mungkin mengekspor antara 5 juta ton – 10 juta ton batu bara dengan kualitas tinggi pada tahun ini ke Jepang dan Korea Selatan. Berdasarkan laporan keuangannya tahun lalu, perusahaan tersebut telah mengapalkan batubara sebanyak 1,2 juta ton. Selain itu, pihaknya juga tengah mempertimbangkan terjun ke bisnis tenaga nuklir dan ekspansi bisnis non-batu bara sebagai upaya cara baru untuk menggenjot laba.

“Karena kejenuhan pasar China, peningkatan ekspor batu bara baik untuk Shenhua. Hal yang sama juga berlaku untuk produsen batu bara China lainnya, karena dengan ekspor batubara setidaknya dapat menghasilkan arus kas yang mungkin tidak bisa mereka dapatkan di dalam negeri,” kata Helen Lau, Analis Argonaut Securities, seperti dikutip Bloomberg Selasa (29/3/2015).

 

Pergerakan harga batu bara kontrak April di bursa Rotterdam:

Tanggal

US$/MT

Perubahan

29/3/2016

44,45

0,34%

28/3/2016

44,60

0%

24/3/2016

44,60

+0,34%

23/3/2016

44,45

-1,22%

22/3/2016

45,00

-2,39%

Sumber: Bloomberg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper