Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BAHANA SECURITIES: Pertumbuhan Kredit Tahun Ini 12,7%

PT Bahana Securities memprediksi pertumbuhan kredit hingga akhir tahun akan mencapai 12,7%, kemudian terus melaju hingga tumbuh 15% pada 2016.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 08 Mei 2015  |  05:56 WIB
Bahana Securities memprediksi pertumbuhan kredit hingga akhir tahun akan mencapai 12,7%, ilustrasi - JIBI/Abdullah Azzam
Bahana Securities memprediksi pertumbuhan kredit hingga akhir tahun akan mencapai 12,7%, ilustrasi - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bahana Securities memprediksi pertumbuhan kredit hingga akhir tahun akan mencapai 12,7%, kemudian terus melaju hingga tumbuh 15% pada 2016.

Teguh Hartanto, Associate Director Bahana Securities menjelaskan, pertumbuhan kredit diharapkan bisa meningkat memasuki semester kedua tahun ini.

"Kami berharap pertumbuhan kredit bisa terangkat berkat peningkatan belanja pemerintah, percepatan investasi modal, dan pelonggaran loan to value," jelas Teguh dalam risetnya seperti dikutip bisnis.com, Jumat (8/5/2015).

Hingga kuartal I 2015, pertumbuhan kredit 10 bank di bawah coverage Bahana mencapai 9,9%, jauh lebih rendah dibandingkan pertumbuhan kaurtal I 2014 sebesar 19,3%. Perlambatan ini juga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang juga melambat sebesar 4,7%.

Di sisi lain, perlambatan kredit memicu pemburukan kualitas aset, tercermin dari kenaikan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) gross sebesar 30 bps menjadi 2,2% untuk 10 bank di bawah coverage Bahana.

Setali tiga uang, rasio kredit dengan kategori special mention atau kolektabilitas tingkat dua juga mengalami kenaikan 40 bps menjadi 5%. Kenaikan ini memicu pencagangan yang lebih tingg dari ekspektsi pada kuartal-kuartal berikutnya.

Dari 10 bank yang berada di bawah coverage Bahana, BCA dan BRI bisa mempertahankan tingkat rasio special maintain yang stabil. Sementara itu, BNI dan Mandiri mengalami kenaikan rasio sebesar 100 bps.

Sebagai informasi, selain empat bank tersebut, enam bank lain dalam coverage Bahana yakni Danamon, BTPN, Bank BJB, Bank Jatim, BTN, dan Bukopin.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top