Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA CPO: Tertekan Data Intertek Malaysia

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Bursa Malaysia melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (21/1/2015). Pada pk. 10:45 WIB, CPO untuk kontrak Maret 2015 bertengger di 2.326 ringgit/ton atau melemah 0,3%.
 Tandan buah segar sawit/Bisnis
Tandan buah segar sawit/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Bursa Malaysia melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (21/1/2015).  Pada pk. 10:45 WIB, CPO untuk kontrak Maret 2015 bertengger di 2.326 ringgit/ton atau melemah 0,3%.

“Investor terlihat waspada setelah data Intertek kemarin menunjukan penurunan ekspor palm oil Malaysia sebesar 22,9% menjadi 702.581 ton untuk periode 1-20 Januari,” kata Analis PT Monex Investindo Futures Zulfirman Basir dalam risetnya yang diterima hari ini, Rabu (21/1/2015).

Di samping itu, ujarnya, pasar  juga masih cemas dengan efek penurunan harga minyak dunia belakangan ini, yang dapat mengurangi minat terhadap CPO untuk bio-diesel.

Sentimen penekan harga CPO lainnya adalah kekhawatiran investor terkait melimpahnya suplai kedelai dunia, yang merupakan produk substitusi minyak sawit untuk produk input makanan olahan.

Sementara itu, dari analisa teknikal, Zulfirman mengatakan pada grafik harian masih diperdagangkannya CPO di atas MA 50-100-200 harian. Gerakan ini mensinyalkan masih adanya tenaga kenaikan bagi minyak sawit.

“CPO perlu mencatatkan level penutupan harian di atas resisten 2.395 untuk melanjutkan momentum kenaikan. Kegagalan mengatasi resisten 2.395 dapat mendorong aksi profit-taking pascareli kencang sejak pertengahan Desember,” kata Zulfirman.

Lebih lanjut dia mengatakan agar pasar mewaspadai aksi profit-taking, setelah terbentuknya candle stick inverted hammer, dan mulai turunnya indikator Stochastic. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper