Saham Telkom Jadi Primadona Investor Asing

Saham milik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. kerap berada di daftar 20 saham terbesar yang dijual dan dibeli investor asing dengan volume penjualan dan pembelian saham terbesar.
Abdalah Gifar
Abdalah Gifar - Bisnis.com 18 Agustus 2014  |  22:46 WIB
Saham Telkom Jadi Primadona Investor Asing
Saham Telkom banyak diburu. -

Bisnis.com, JAKARTA—Saham milik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. kerap berada di daftar 20 saham terbesar yang dijual dan dibeli investor asing dengan volume penjualan dan pembelian saham terbesar.

Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia pada 8-15 Agustus 2014 yang dihimpun Bisnis, saham dengan volume terbesar yang dijual dan dibeli investor asing adalah saham emiten-emiten yang relatif sama atau itu-itu juga.

Meski net buy dan net sell terjadi bergantian, volume penjualan disertai volume pembelian yang selalu tinggi menunjukkan investor asing menjadikan atas saham berkode TLKM ini sebagai primadona dalam meraih capital gain.

Senada dengan itu, analis PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Ahmad Sudjatmiko mengakui TLKM termasuk dalam saham yang memiliki market capital yang sangat besar.

“Likuiditas terjamin. Banyak yang membeli dan jual. Karena harganya mahal, yang mungkin [membelinya] investor asing yang mempunyai kekuatan lebih dibandingkan dengan investor lain,” terangnya kepada Bisnis, Senin (18/8/2014).

Dia beranggapan adanya emiten yang relatif sama dalam daftar saham yang paling besar dijual dan dibeli salah satunya dipengaruhi oleh perbedaan informasi yang diterima oleh investor asing.

“Kalau mereka masuk ke second liner, mereka pasti sudah memperhitungkan prospek karena konsekuensinya jadi tidak gampang [dilepas],” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkom, tlkm

Editor : Setyardi Widodo
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top