Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Telkom Jadi Primadona Investor Asing

Saham milik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. kerap berada di daftar 20 saham terbesar yang dijual dan dibeli investor asing dengan volume penjualan dan pembelian saham terbesar.
 Saham Telkom banyak diburu. /
Saham Telkom banyak diburu. /

Bisnis.com, JAKARTA—Saham milik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. kerap berada di daftar 20 saham terbesar yang dijual dan dibeli investor asing dengan volume penjualan dan pembelian saham terbesar.

Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia pada 8-15 Agustus 2014 yang dihimpun Bisnis, saham dengan volume terbesar yang dijual dan dibeli investor asing adalah saham emiten-emiten yang relatif sama atau itu-itu juga.

Meski net buy dan net sell terjadi bergantian, volume penjualan disertai volume pembelian yang selalu tinggi menunjukkan investor asing menjadikan atas saham berkode TLKM ini sebagai primadona dalam meraih capital gain.

Senada dengan itu, analis PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Ahmad Sudjatmiko mengakui TLKM termasuk dalam saham yang memiliki market capital yang sangat besar.

“Likuiditas terjamin. Banyak yang membeli dan jual. Karena harganya mahal, yang mungkin [membelinya] investor asing yang mempunyai kekuatan lebih dibandingkan dengan investor lain,” terangnya kepada Bisnis, Senin (18/8/2014).

Dia beranggapan adanya emiten yang relatif sama dalam daftar saham yang paling besar dijual dan dibeli salah satunya dipengaruhi oleh perbedaan informasi yang diterima oleh investor asing.

“Kalau mereka masuk ke second liner, mereka pasti sudah memperhitungkan prospek karena konsekuensinya jadi tidak gampang [dilepas],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper