Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontrak Fisik Batu Bara BBJ Rilis Mei

Setelah proses panjang yang membutuhkan waktu hingga 3 tahun, akhirnya kontrak fisik batu bara Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) siap diluncurkan bulan depan.
Nenden Sekar Arum
Nenden Sekar Arum - Bisnis.com 30 April 2014  |  06:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah proses panjang yang membutuhkan waktu hingga 3 tahun, akhirnya kontrak fisik batu bara Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) siap diluncurkan bulan depan.

Direktur BBJ M. Bihar Sakti Wibowo menjelaskan kontrak yang awalnya direncanakan rilis di bulan April ini, sekarang sudah sampai pada tahap akhir, setelah izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) berhasil didapatkan.

"Semua sudah hampir siap, Mei dipastikan dilaunching, tinggal menentukan tanggal yang tepat supaya semua pihak bisa hadir," katanya saat dikutip Bisnis, Selasa (29/4/2014).

Dalam beberapa pekan terakhir ini, BBJ juga terus menjaring anggota dengan membuka pendaftaran keanggotaan bursa serta sosialisasi untuk kontrak fisik tersebut.

Adapun, hingga sekarang, total perusahaan yang tercatat menjadi anggota transaksi kontrak fisik batu bara terdiri atas 1 perusahaan penjual (seller), yaitu PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) dan 13 perusahaan pembeli (buyer).

Bihar mencatat dari anggota yang sudah terdaftar tersebut, delapan di antaranya merupakan perusahaan asing.

"Dengan jumlah anggota yang mayoritas berasal dari luar negeri tersebut menujukkan minat terhadap batu bara sangat tinggi, dan hal tersebut menjadi prospek yang baik bagi bisnis batu bara," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top