Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal & Tahun Baru, Para Analis Tetap Awasi Transaksi

Rangkaian Natal dan tahun baru selalu identik dengan libur akhir tahun. Sebagian besar kantor dan pusat bisnis libur sementara waktu untuk menutup tahun dan menyambut kedatangan 1 Januari.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Rangkaian Natal dan Tahun Baru selalu identik dengan libur akhir tahun. Sebagian besar kantor dan pusat bisnis libur sementara waktu untuk menutup tahun dan menyambut kedatangan 1 Januari.

Namun, tak semua bisa menikmati libur. Nyatanya ada saja beberapa profesi yang mengharuskan mereka tetap siaga pada masa-masa libur ini.

Tak hanya petugas kesehatan, keamanan, dan transportasi, mereka yang bergerak di bidang trading pun harus merelakan untuk mengawasi pergerakan angka yang tak ada hentinya.

Ariston Tjendra adalah salah satunya, Kepala Riset PT Monex Investindo Futures ini sudah beberapa tahun belakangan tak libur di tanggal 25 Desember. Tahun ini adalah kali pertama Ariston cuti.

“Masuk kantor harusnya karena tetap buka perdagangan SPA (sistem perdagangan alternatif). Saya cuti, rekan yang lain tetap masuk,” katanya pada Bisnis. Meski transaksi di komoditas di bursa berjangka libur, lain halnya dengan SPA yang tak berhenti.

Dia menuturkan, sebenarnya tak ada yang spesial pada perayaan Natal dia. Selepas kebaktian di Gereja Ariston dan keluarganya menghabiskan waktu untuk makan bersama. “Menikmati sepinya jalan lah,” ucapnya.

Agak berbeda dengan Ariston, Kepala Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong tetap memilih libur untuk melepas penat. Pasalnya sepanjang tahun ini praktis hari-harinya disibukkan dengan serangkaian analisis pasar keuangan.

Meski masih ada transaksi yang berjalan, menurutnya posisi pelaku pasar selama musim libur ini tak terlalu banyak berubah. Namun, memang tetap harus diawasi untuk menghindari transaksi yang tidak sehat.

“Saya mau ke Singapura sama keluarga. Santailah, tapi tetap mengikuti berita,” katanya. Meski hanya 3 hari di Singapura dia berusaha menikmati dan memanfaatkannya semaksimal mungkin sebelum kembali ke Jakarta pada awal tahun nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper