Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sarana Multigriya Finansial Terbitkan KIK-EBA Rp1 Triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) memfasilitasi penerbitan Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) PT Bank Tabungan Negara senilai Rp1 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) memfasilitasi penerbitan Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) PT Bank Tabungan Negara senilai Rp1 triliun.

Penerbitan EBA DBTN 04 ini merupakan yang keenam, setelah berturut-turut diterbitkan sejak Februari 2009 senilai total Rp3,95 triliun.

Raharjo Adisusanto, Direktur Utama SMF, mengatakan penerbitan EBA KPR BTN ini menggunakan underlying aset berupa tagihan KPR sebesar Rp1.000.005.941.

"Ini merupakan aset dengan kualitas terbaik dan diseleksi melalui 32 kriteria sehingga berpengaruh pada rating yang oleh Pefindo ditetapkan AAA," katanya di sela pencatatan atas KIK EBA DBTN04 di Bursa Efek Indonesia, Senin (23/12/2013).

Dalam transaksi ini, SMF berlaku sebagai arranger, investor, serta credit enhancer (pendukung kredit) yang memberi jaminan pembayaran untuk meningkatkan kualitas EBA.

Sementara itu, PT Danareksa Investment Management berlaku sebagai manajer investasi, PT Bank Mandiri sebagai bank kustodian. Danareksa Sekuritas, BCA Sekuritas dan Trimegah Securities bertanggung jawab sebagai underwriter.

Raharjo mengatakan pihaknya akan terus berupaya mendorong industri perbankan penyalur KPR untuk memanfaatkan dana dari pasar modal, di antaranya melalui skema sekuritisasi sebagaimana yang dilakukan BTN.

"Kalau tahun ini Rp1 triliun, tahun depan harapannya bisa meningkat," katanya.

Sebelumnya, BTN telah bekerja sama dengan SMF untuk menerbitkan EBA pada 2009 sebesar Rp500 miliar dalam dua kali transaksi, pada 2010 sebesar Rp750 miliar, pada 2011 sebesar Rp703 miliar, dan pada 2012 sebesar Rp1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper