Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Rate Bakal Diumumkan, Ini Dia Sentimen yang Tekan Rupiah/US$

Trust Securities memperkirakan kurs tengah Bank Indonesia nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat pada hari ini, Kamis (12/12/2013) di kisaran Rp11.987-Rp12.105

Bisnis.com, JAKARTA— Trust Securities memperkirakan kurs tengah Bank Indonesia nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat pada hari ini, Kamis (12/12/2013) di kisaran Rp11.987-Rp12.105.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan laju nilai tukar rupiah menjelang rapat dewan gubernur (RDG) Bank Indonesia, makin menunjukkan pelemahannya.

“Entah karena pelaku pasar tidak terlalu merespons belum jelasnya sentimen penentuan arah BI rate, atau lebih memilih sentimen yang lebih jelas dari kemungkinan  tapering The Fed bulan ini,” kata Reza dalam risetnya.

Dia mengatakan belum lagi sentimen menjelang akhir tahun dari pertemuan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve pada pekan depan, yang dibarengi dengan sentimen kesepakatan anggaran AS yang akan dibahas kembali sehingga membuat dolar AS kembali perkasa.

Sentimen tersebut, tambahnya, bahkan berhasil mengalahkan kenaikan euro yang juga sedang menanjak, seiring membaiknya perekonomian zona Euro.

“Laju rupiah berada tipis di target  support Rp12.000 per dolar AS. Kurs tengah BI Rp12.105-11.987 per dolar As,” kata Reza.

Sepertri diketahui hari ini Bank Indonesia menggelar RDG, yang dikaitkan salah satunya dengan keputusan penentuan besaran suku bunga acuan (BI Rate).

Sementara itu The Fed menggelar rapat 17-18 Desember 2013, dan keputusan yang paling ditunggu adalah jadi tidaknya pengurangan (tapering off) stimulus AS.

Kurs tengah Rp/US$ 

Tanggal

Rp/US$

11/12

12.005

10/12

11,985

9/12

11.956

Sumber:BI, 2013

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper