Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS.COM, MAKASSAR--Penjualan emas oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) lewat Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia secara nasional telah mencapai 5 ton selama Januari-Mei 2013.

Bisnis Unit Head Logam Mulia Dody Martimbang menyebut animo masyarakat untuk membeli logam mulia sangat tinggi sehinga target penjualan tahun ini sebesar 5 ton emas hampir terlewati.

"Tahun lalu kami dapat menjual 7 ton emas batangan. Target tahun ini sebenarnya hanya 5 ton," katanya, Rabu (5/6). Kemungkinan akan ada revisi target penjualan pada pertengahan tahun ini.

Untuk cabang Makassar, Antam telah menjual 130 kg dalam 5 bulan pertama 2013. Adapun, target penjualan tahun ini adalah 25 kg per bulan atau 300 kg dalam satu tahun.

Animo pembelian emas di Kota Anging Mamiri disebutnya sangat tinggi, sayangnya seringkali Antam mengalami kelangkaan stok karena harus berebut dengan distribusi ke daerah lain.

Stok Terbatas

Bahkan, data dari situs resmi divisi Logam Mulia menunjukkan stok emas di UBPP Logam Mulia Perwakilan Makassar pada Rabu (5/6/2013) hanya tersedia ukuran 2,5 gram dan 250 gram.

Emas ukuran 250 dijual dengan harga Rp482.500 per gram, sedangkan ukuran 2,5 dijual pada harga Rp500.000 gram. Harga buy back Rp438.000 per gram.

"Permintaan emas di Makassar cukup bagus, namun terbentur pengadaan stok dari Jakarta yang harus dibagi ke perwakilan di daerah lainnya," tambah Dody.

Penurunan harga emas beberapa bulan terakhir disebut-sebut sebagai salah satu pemicu tingginya keinginan masyarakat membeli aset safe haven ini.

Sebagai gambaran, harga emas global di pasar spot London kemarin berada di kisaran US$1.411 per troy ounce. Harga sempat mencapai US$1.790 per troy ounce pada Oktober 2012. 1 ounce setara dengan 28,35 gram.

Penurunan harga juga terlihat dari data Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan yang menunjukkan harga emas perhiasan bulan lalu melemah -8,67% dan menyumbang deflasi di Kota Makassar sebesar 0,24%.

Selain penjualan secara langsung lewat divisi Logam Mulia, Antam juga melakukam kerjasama dengan PT Pegadaian. Masyarakat dapat membeli amas bersertifikat Antam di kantor-kantor pegadaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper