Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA TBS SAWIT: Di Riau Naik Rp14,54/Kg Jadi Rp6.782,73/Kg

BISNIS.COM, PEKANBARU-Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Riau mengalami kenaikan sebesar Rp14,54 per kg dari minggu lalu sebesar Rp6.778,19 per kg menjadi Rp6.782,73 per kg. Sekretaris Asosiasi Petani Kelapa Sawit  Perkebunan Inti Rakyat (ASPEK-PIR)

BISNIS.COM, PEKANBARU-Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Riau mengalami kenaikan sebesar Rp14,54 per kg dari minggu lalu sebesar Rp6.778,19 per kg menjadi Rp6.782,73 per kg.

Sekretaris Asosiasi Petani Kelapa Sawit  Perkebunan Inti Rakyat (ASPEK-PIR) Karya Muslimat mengatakan kenaikan harga ini disebabkan oleh penurunan produksi TBS sawit periode 1-7 Mei 2013 untuk umur 10 hari sebesar 30%.

"Penurunan produksi buah sawit dalam negeri selalu terjadi setahun sekali dalam rentang waktu 3-5 bulan," katanya, Rabu (1/5/2013).

Dia menambahkan di tengah penurunan produksi, permintaan masih tumbuh. "Kenaikan harga TBS yang cukup signifikan sulit terealisasi. Ini karena faktor eksternal yang selalu mempengaruhi pembentukan harga di pasar domestik".

Ketua Tim Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit Riau, Ferry HC, menambahkan kenaikan harga TBS itu juga dipengaruhi oleh faktor internal yakni naiknya harga CPO dan kernel.

"Harga CPO PT Asian Agri naik sebesar Rp83,27/kg, CPO PTPN V naik Rp87,78 serta CPO PT Sinar Mas naik Rp111,08/kg".(antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper