Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Henan Putihrai Analytics: IHSG Akan Bergerak Di Kisaran 4.973-5.015

BISNIS.COM, JAKARTA - Indeks saham acuan di bursa Wall Street pada perdagangan Senin (29/4/2013) ditutup menguat didorong oleh sentimen positif dari kinerja keuangan korporasi serta data personal spending yang lebih baik dari estimasi. Indeks bursa regional

BISNIS.COM, JAKARTA - Indeks saham acuan di bursa Wall Street pada perdagangan Senin (29/4/2013) ditutup menguat didorong oleh sentimen positif dari kinerja keuangan korporasi serta data personal spending yang lebih baik dari estimasi.

Indeks bursa regional pagi ini sedikit menguat didorong oleh pertumbuhan pending home sales serta spekulasi bahwa bank sentral akan meneruskan stimulusnya. Bursa China masih tutup memperingati Labour Day. IHSG pada Selasa (30/4/2013) diperkirakan bergerak pada kisaran 4973-5015.

S&P dan DJIA tercatat naik 0,72% sementara  Nasdaq mencatat kenaikan sebesar 0,85%. Departemen Perdagangan AS kemarin merilis data personal spending periode Maret 2013 yang tumbuh sebesar 0,2%, melemah dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencatat pertumbuhan 0,7%, namun lebih baik dari estimasi yaitu 0,0%.

Data personal income juga mencatat pertumbuhan 0,2% melemah dibandingkan dengan bulan sebelumnya 1,1%, serta masih di bawah estimasi 0,4%.

Konsumen tampaknya lebih berhati-hati dalam mengatur pembelanjaannya seiring pertumbuhan pendapatan yang juga melunak, sehingga meningkatkan indikasi bahwa ekonomi AS melambat.

Selain itu, data pending home sales periode Maret yang juga dirilis kemarin mencatat pertumbuhan 1,5% (surv.1,0% vs rev.-1,0%) sehingga ikut memberikan sentimen positif terhadap pasar. FOMC akan melaksanakan pertemuan pada pekan ini dan diharapkan tidak mengubah kebijakan yang telah dijalankannya.

Indeks acuan bursa Eropa juga ditutup menguat pada perdagangan Senin (29/4/2013), ditopang oleh ekspektasi bahwa ECB akan mengambil kebijakan untuk memotong tingkat suku bunga dalam pertemuan yang akan berlangsung pekan ini.

Berita positif dari Italia juga ikut mendorong kenaikan indeks bursa saham Eropa setelah PM Italia dikabarkan telah membentuk pemerintahan baru sehingga meningkatkan kepercayaan pasar.

Nilai tukar dolar AS melemah terhadap mata uang utama lainnya, seiring melemahnya data ekonomi AS serta menguatnya harga saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Henan Putihrai Analytics
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper