Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIVIDEN PGN: Segera Dibagikan, Alokasi 58,70% Dari Laba

BISNIS.COM, JAKARTA --Pemegang saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) memutuskan untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp4,9 triliun atau sebesar 58,79% dari laba bersih perseroan tahun buku 2012. Nilai dividen itu meningkat dari tahun sebelumnya

BISNIS.COM, JAKARTA --Pemegang saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) memutuskan untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp4,9 triliun atau sebesar 58,79% dari laba bersih perseroan tahun buku 2012. Nilai dividen itu meningkat dari tahun sebelumnya Rp3,2 triliun.

Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan yang digelar hari ini, Rabu (17/4).

Dividen yang dibayarkan oleh PGN tahun buku 2012 setara dengan Rp202,77 per saham, meningkat 50,62% dibandingkan tahun sebelumnya senilai Rp134,62 per saham.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan sebagai pemegang saham terbesar, pemerintah mendapatkan pembayaran dividen sebesar Rp2,8 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan setoran PGN kepada pemerintah pada 2011 senilai Rp1,86 triliun.

"Sebagai perusahaan negara, selain berkomitmen membangun infrastruktur gas bumi di dalam negeri, kami juga terus berusaha meningkatan setoran deviden kepada pemerintah. Hal ini merupakan bagian dari kontribusi PGN untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional," ungkapnya usai RUPST di hotel Four Season, Jakarta, Rabu (17/4).

RUPST yang dihadiri oleh 88% pemegang saham, juga menyetujui Laporan Keuangan Perseroan, Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) serta Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2012. Pemegang saham PGN juga menyetujui penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2012 dan penetapan dividen.

Dalam RUPS kali ini, pemegang saham menetapkan kembali M. Riza Pahlevi Tabrani sebagai Direktur Keuangan PGN dan mengangkat Firmanzah menjadi komisaris PGN menggantikan Bambang Dwijanto.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan kontribusi seluruh direksi dan komisaris untuk semakin meningkatkan kinerja PGN. Kedepan kita akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan seluruh stakeholder,” ujarnya.

Direktur Keuangan PGN M. Riza Pahlevi Tabrani menambahkan, sepanjang 2012 peningkatan penjualan volume gas bumi telah mendorong kinerja perseroan semakin solid.

Total volume gas yang di distribusikan PGN pada 2012 sebanyak 807 MMSCFD, meningkat dibandingkan tahun buku 2011 sebesar 795 MMSCFD. Sementara dari bisnis transmisi, volume gas bertambah dari 845 MMSCFD menjadi 877 MMSCFD. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper