Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERINGKAT UTANG: Indika Energy raih rating B1 Stabil dari Moody's

- Bisnis.com 25 Januari 2013  |  22:28 WIB
JAKARTA—Moody’s Investors Service memberikan rating B1 dengan outlook stabil terhadap senior notes Indo Energy Finance II BV senilai US$500 juta yang jatuh tempo hingga 2023.
 
Surat utang itu dijamin oleh PT Indika Energy Tbk dan anak perusahaannya yakni PT Indika Inti Corpindo dan Tripatra Entities. Adapun tingkat bunga senior notes tersebut sebesar 6,375%.
 
Indika berencana untuk menggunakan dana dari surat utang tersebut untuk melunasi fasilitas kredit bank senilai US$235 juta dan untuk menebus surat utang senilai US$230 juta yang jatuh tempo pada 2016.
 
Moody beralasan pemberian rating tersebut setelah melakukan evaluasi terhadap profil kredit dari penerbit a.l seperti resiko bisnis perusahaan dan posisi kompetitif dibandingkan dengan industri sejenis lainnya, struktur modal dan risiko keuangan.
 
Selain itu juga turut dilihat kinerja terakhir perseroan dan track record managemen dan toleransi perseroan terhadap resiko. Dengan membandingkan faktor tersebut,
 
PT Indika Energy Tbk merupakan emiten energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Indika terlibat dalam pengadaan, rekayasa dan konstruksi dan operasi dan pemeliharaan melalui bisnis yang sepenuhnya dimiliki anak perusahaan yakni Tripatra.
 
Pada bulan Mei 2012, Indika mengakuisisi kepemiikan saham 85% di PT Multi Tambang Jaya Utama, sebuah produsen batubara termal dan kokas yang berbasis di Kalimantan Tengah.
 
Indika juga telah mengakuisisi 60% dari aset batubara greenfield, PT Mitra Energi Agung, yang terletak di Kalimantan Timur.  
 
Selain itu, Indika juga mengakuisisi 51% kepemilikan saham di PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk, yang bergerak dalam transportasi batubara Indonesia dan jasa logistik. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top