Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GMF akan IPO paling lambat awal Semester II 2013

- Bisnis.com 24 Januari 2013  |  15:00 WIB
JAKARTA-- PT GMF AeroAsia akan mulai melepas saham perdanannya ke bursa pada tahun ini, paling lambat pada awal Semester II/2013. 
 
Direktur Utama PT GMF AeroAsia Richard Budihadianto mengatakan ternyata tidak ada ketentuan yang melarang bahwa pendapatan GMF masih 70% dari Garuda sebagai induk perusahaan. 
 
“Kami sudah dapat infonya, kalau pendapatan kami yang masih mayoritas dari induk perusahaan, tidak ada larangannya untuk melakukan IPO (initial public offering/ pencatatan saham perdana di bursa saham),” kata Richard, Kamis (24/1/2013). 
 
Sebelumnya Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan keputusan GMF yang lebih dahulu melakukan IPO berdasarkan hasil dari kajian dari PT Mandiri Sekuritas. 
  
"IPO GMF diperkirakan dapat dilakukan pada akhir semester I tahun depan, atau awal Semester II/2013, sedangkan Aerowisata Catering Services (ACS) menjadi opsi terakhir Garuda," kata Emirsyah.. 
  
Emirsyah menambahkan kajian dari Mandiri Sekuritas ini belum tuntas, dan untuk pelaksanaan IPO GMF tersebut tentunya harus melalui persetujuan para pemegang saham. 
  
Garuda Indonesia sebelumnya sudah menargetkan untuk melaksanakan IPO terhadap salah satu anak usahanya pada 2012, dan disebut-sebut PT ACS yang terlebih dahulu IPO, namun kini malah pilihannya jatuh pada GMF.  Perseroan telah menunjuk PT Mandiri Sekuritas sebagai penasihat keuangan untuk mengkaji dan menentukan PT GMF AeroAsia atau PT Aerowisata yang siap untuk melantai di bursa. 
  
Menurut Emirsyah, rencana pelaksanaan IPO terhadap salah satu anak usaha dilakukan agar bisa melakukan ekspansi dengan adanya dana segar dari IPO, dan tidak tergantung kepada induk perusahaan. Nantinya, secara konsolidasi, anak-anak usaha ini diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap perseroan," ucap Emirsyah. (Faa)
  
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top