Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RIGHTS ISSUE: CMNP bersiap emisi saham baru untuk akuisisi & bayar utang

JAKARTA-PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk berencana menerbitkan rights issue pada tahun ini untuk mendanai niat akuisisi Bank Mutiara dan membayar utang anak perseroan.  
 
Direktur Utama Citra Marga Nusaphala Jusuf Hamka mengatakan dana hasil rights issue tersebut akan digunakan untuk membiayai akuisisi Bank Mutiara dan membayar utang anak perseroan yakni PT Citra Marga Surabaya.
 
"Kami akan gunakan untuk akuisisi Bank Mutiara [apabila diizinkan Lembaga Penjamin Simpanan] dan membayar utang obligasi anak perseroan sebesar Rp300 miliar yang jatuh tempo pada tahun depan," tuturnya.
 
Menurutnya, rights issue merupakan pilihan yang tepat jika pada suatu saat perseroan membutuhkan dana mendesak. Kendati demikian, perseroan masih mengkaji nilai dan kapan untuk menerbitkan rights issue tersebut. Dia memperkirakan akan melepas saham baru berkode CMNP itu lebih dari 10%.
 
Sebelumnya, Citra Marga Nusaphala Persada menerbitkan saham baru tanpa melalui hak memesan efek terlebih dahulu (non-HMETD) senilai Rp300 miliar. Saham baru tersebut diterbitkan kepada investor baru tidak terafiliasi yakni Emirates Tarian Global Ventures SPC.
 
Dari aksi korporasi tersebut, saham Citra Marga Nusaphala Persada digenggam Emirates Tarian Global Ventures Spc sebesar 9,09%, Pearl Hill Investment Ltd sebesar 6,51%, Remington Gold Ltd sebesar 4,75%, Ivan Daniar Sumampow sebesar 4,57%, BNP Paribas 4,54% dan sisanya publik.
 
(Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :
Editor : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper