Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI INDEKS: Kinerja Bisnis-27 bisa lampaui IHSG

JAKARTA—Indeks saham Bisnis27 diprediksi mampu mencatatkan kinerja melebihi kinerja indeks (IHSG) seiring komposisi saham yang dkoleksi didominasi oleh sektor-sektor yang memiliki prospek cerah pada tahun ini.Kepala Riset Buana Capital Alfred Nainggolan

JAKARTA—Indeks saham Bisnis27 diprediksi mampu mencatatkan kinerja melebihi kinerja indeks (IHSG) seiring komposisi saham yang dkoleksi didominasi oleh sektor-sektor yang memiliki prospek cerah pada tahun ini.

Kepala Riset Buana Capital Alfred Nainggolan mengatakan prospek tersebut diperkuat dari sektor a.l seperti infrastruktur, properti, konsumsi dan perbankan. Menurutnya, keempat sektor tersebut memiliki kontribusi mencapai 73% terhadao Bisnis27.

“Faktor terbesar yang mendorong penguatan tersebut adalah faktor makro dari dalam yaitu isu konsumsi domestik dan belanja infrastruktur,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (14/01).

Dia menambahkan dari komposisi Bisnis27, pihaknya menjagokan BSDE, SMGR, INDF, BBRI, dan BBNI. Hal tersebut, lanjutnya, dikarenakan saham tersebut memiliki faktor fundamental internal yang masih kuat.

“Kapasitas emiten masih memiliki ruang yang besar untuk menyerap pertumbuhan di sektornya. Misalnya SMGR, pada tahun ini yang tahun ini mampu memproduksi 25,6 juta ton atau naik 13,7% dibandingkan dengan tahun lalu,” tuturnya.

Dia menilai isu inflasi dan nilai tukar akan menjadi 2 isu yang sangat sensitif  terhadap pergerakan Indeks. Oleh karena itu, emiten yang memiliki eksposure yang tinggi terhadap kurs asing perlu diwaspadai.

Namun demikian, jika melihat ke-27 saham Bisnis27, hanya ADRO dan EXCL yang diperkirakan sangat sensitif terhadap pelemahan rupiah. (29/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper