Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI IHSG (14/01): Perhatikan wacana stimulus fiskal Jepang

JAKARTA—Indeks harga saham gabungan (IHSG) pekan ini berpeluang menguat tipis seiring dengan sentimen positif dari penguatan saham di Amerika pada penutupan perdagangan saham akhir pekan kemarin. Pengamat pasar modal Ellen May mengatakan IHSG

JAKARTA—Indeks harga saham gabungan (IHSG) pekan ini berpeluang menguat tipis seiring dengan sentimen positif dari penguatan saham di Amerika pada penutupan perdagangan saham akhir pekan kemarin.
 
Pengamat pasar modal Ellen May mengatakan IHSG pada perdagangan akhir pekan kemarin ditutup di angka 4.305. Menurutnya, nilai tersebut telah menembus angka support 4.250 sehingga ada potensi untuk technical rebound.
 
“Potensi technical rebound tersebut tidak akan banyak karena pergerakan saham masih cenderung flat dengan angka resistance di kisaran 4.400,” ujarnya, Minggu (13/01).
 
Dia menambahkan pada saat ini investor cenderung melihat pergerakan pasar dulu seiring pergerakan IHSG yang masih naik turun. Selain itu, investor juga akan melihat pengaruh dari sentimen dunia.
 
Ellen menjelaskan dalam pada tahun-tahun yang lalu pergerakan IHSG selalu mengekor pergerakan saham AS, namun dalam 1 tahun terakhir ini, pergerakan IHSG cenderung anomali atau tidak sama dengan pergerakan bursa saham AS.
 
Saya pikir mungkin dikarenakan semakin banyaknya investor luar yang memindahkan dananya dari negara-negara maju ke negara-negara berkembang atau setidaknya memiliki rating investment grade,” tuturnya.
 
Terkait dengan berita keputusan dewan gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) untuk mempertahankan suku bunga acuannya pada level terendah yakni 0,75% dan penunjukkan Jack Lew sebagai menteri keuangan AS yang baru, Ellen menilai belum akan terasa pengaruh dari sentimen tersebut kepada IHSG.
 
Meski demikian, untuk wacana Pemerintah Jepang mengucurkan stimulus fiskal sebesar 10,3 triliun yen atau US$116 miliar, dia menganggap wacana tersebut akan berefek positif terhadap saham-saham Asia terutama IHSG.
 
“Kalau keputusan sudah final, efeknya pasti akan berdampak positif terhadap saham-saham Asia,” ujarnya. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper