Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA MINYAK: Ekonomi global membaik, minyak terangkat ke US$90,13

NEW YORK: Harga minyak mentah di New York, Jumat (21/12) kembali terangkat untuk hari kelima, bentangan kenaikan terpanjang sejak September dipicu lebih baiknya pertumbuhan ekonomi AS dari proyeksi sehingga mematahkan kekhawatiran negosiasi anggaran AS akan gagal.
 
Harga kontrak berjangka mencapai level tertinggi dalam 2 bulan setelah Departemen Perdagangan mengatakan tingkat tahunan produk domestik bruto AS tumbuh ke level 3,1% pada kuartal ketiga, lebih besar dari perkiraan tertinggi dalam survei Bloomberg. 
 
Sebelumnya Departemen Perdagangan di Washington memperkirakan produk domestik bruto AS meningkat 2,7% pada kuartal ketiga. Adapun perkiraan median ekonom yakni tumbuh 2,8%. 
 
Harga minyak sempat jatuh 0,8% sejalan dengan spekulasi upaya untuk menghindari jurang fiskal kian memburuk.
 
"Pasar mendapatkan dukungan dari gambaran ekonomi yang membaik dengan sejumlah tanda-tanda yang menunjukkan pertumbuhan yang kuat," kata John Kilduff dari Again Capital LLC, di New York.
 
Harga minyak mentah pengiriman Februari naik US$0,15 menjadi US$90,13 per barel di New York, penyelesaian tertinggi sejak 18 Oktober. Harga telah menguat 3,9% sepanjang minggu ini, dan tergerus 8,8% sepanjang tahun berjalan.
 
Di London, harga minyak Brent pengiriman Februari turun US$0,16 ke US$110,20 per barel.(Bloomberg/15/faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper