Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RESTRUKTURISASI BLTA: Fitch tarih peringkat default

Erlan Imran
Erlan Imran - Bisnis.com 21 Desember 2012  |  15:01 WIB
JAKARTA-Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings telah menarik peringkat default atau gagal bayar terhadap utang jangka panjang berdenominasi valuta asing dan rupiah PT Berlian Laju Tanker Tbk.
 
Selain itu, Fitch juga menarik rating C pada utang obligasi luar negeri sebesar US$400 juta perusahaan pelayaran tersebut yang akan jatuh tempo pada 2014.
 
Analis senior Vicky Melbourne mengatakan penarikan peringkat dilakukan berdasarkan informasi yang cukup, terutama dengan adanya proses restrukturisasi utang Berlian Laju Tanker.
 
"Fitch tidak lama lagi akan membubuhkan peringkat atau analisis prospek terhadap obligasi," demikian tertulis dalam keterangan yang dirilis Jumat(21/12/2012).
 
Sebagai catatan, Berlian Laju Tanker mengalami proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) atas utang senilai Rp22 triliun dan akan segera memasuki babak akhir.
 
Proses restrukturisasi utang emiten berkode saham BLTA ini berlarut-larut. Pada rapat umum pemegang obligasi (RUPO) Berlian Laju Tanker III/2007 senilai Rp700 miliar, Senin (17/12/2012) lalu gagal memenuhi kuorum.
 
Selain itu, kreditur luar negeri BLTA dengan klaim tagihan gabungan sekitar US$125,5 juta telah mengajukan petisi Chapter 11 (pailit) terhadap operator kapal Indonesia itu di New York, Amerika Serikat.(faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top