Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JASA MARGA: Bangun jalan layang CimanggisSenayan

JAKARTA: PT Jasa Marga Tbk bersama BUMN Karya berencana membangun jalan layang contra flow permanen Cimanggis—Senayan sepanjang 20 km untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas. Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan hal tersebut merupakan

JAKARTA: PT Jasa Marga Tbk bersama BUMN Karya berencana membangun jalan layang contra flow permanen Cimanggis—Senayan sepanjang 20 km untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas. Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan hal tersebut merupakan inisasi baru dari Jasa Marga. Hal tersebut akan disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam waktu dekat. “Biasanya contra flow itu kan jalan darurat, jadi tidak permanen, maksimum 2 tahun. Tapi volume kendaraan 2 tahun lagi tentu akan naik dan akan menambah kemacetan. Jasa Marga membuat inisiatif baru untuk membangun contra flow permanen jalan tol. Hal ini akan kami sampaikan segera ke Kementerian PU dalam waktu dekat,” ujarnya hari ini, Selasa 19 Juni 2012. Dia mengatakan untuk membangun konstruksi jalan tersebut, BUMN infrastruktur itu akan membentuk konsorsium dengan sejumlah BUMN karya a.l PT Adhi Karya Tbk, PT Wijaya Karya Tbk. Dia memperkirakan dengan pembangunan contra flow dapat mengurangi 30% kepadatan kendaraan yang ada. Dia mengatakan jika sudah mendapat izin pembangunan tersebut, diperkirakan pada 2014 sudah dapat digunakan. “Kami kan berencana mengusulkan feasibility study untuk itu. Kalau sudah mendapat izin dan disetujui pemerintah [Kementerian PU], mungkin proyek itu bisa tuntas dalam 2 tahun,” ungkapnya. Terkait dana investasi proyek, Dahlan mengatakan belum dibicarakan. Namun menurut dia pendanaan untuk pengerjaan proyek itu masih dapat dipenuhi oleh perusahaan pelat merah yang terlibat. Ketika dimintai tanggapan dan penjelasan lebih rinci mengenai proyek tersebut, Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman masih belum membalas pesan singkat maupun mengangkat telepon selulernya. Pada perdagangan sore ini, harga saham emiten berkode JSMR ditutup menguat 3,96% ke level Rp5.250 dan menjadikannya berkapitalisasi pasar sebesar Rp35,7 triliun. (Bsi)

 

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA >>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Teguh Purwanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper