Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KOMODITAS PLATINUMBuruh mogok, produksi Afsel terancam anjlok

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Mei 2012  |  23:14 WIB

 

LANDON: Produksi platinum di Afrika Selatan diperkirakan anjlok dipicu adanya pemogokan kerja para buruh dan masalah keamanan yang mengganggu pertambangan di wilayah tersebut.
 
Barclays Plc, produsen terbesar, memperkirakan produksi akan turun 0,4% menjadi 6,14 juta ounce tahun ini. Sementara itu, estimasi dari 13 analis dalam survei Bloomberg memperkirakan harga mencapai US$1.750 per ounce pada kuartal keempat atau menguat 22% dari harga saat ini.
 
"Harga platinum sangat murah saat ini," kata Thorsten Proettel, analis Landesbank Baden-Wuerttemberg seperti dikutip Bloomberg. 
 
Barclays  memperkirakan permintaan untuk platinum akan kurang dari yang diharapkan yakni tumbuh 1% menjadi 7.990.000 once tahun ini didorong pelemahan permintaan dari China. Pertumbuhuan China, pasar mobil terbesar di dunia, tercatat  8,1% pada kuartal pertama, laju paling lambat dalam hampir 3 tahun terakhir. 
 
Sementara itu, menurut LMC Automotive Ltd, perusahaan riset di Oxford,  menyebutkan penjualan mobil dan kendaraan komersial ringan siap naik 5,5% menjadi  79.400.000 unit,  rekor tahun ini. (sut)
 
 

BACA JUGA:

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bloomberg / Sekti Dewi Mayestika

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top