Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA EMAS: Hari-hari terburuk sejak 13 tahun silam

NEW YORK: Emas kembali jatuh setelah reli 3 hari, sekaligus menjadikan bulan ini sebagai hari-hari terburuk sejak 1999, sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian krisis utang Eropa.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Mei 2012  |  11:31 WIB

NEW YORK: Emas kembali jatuh setelah reli 3 hari, sekaligus menjadikan bulan ini sebagai hari-hari terburuk sejak 1999, sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian krisis utang Eropa.

 

Harga spot emas tergerus 0,6% ke US$1.571,43 per ounce setelah sebelumnya sempat bertahan di US$1.573,60 pada pukul 9:44 waktu Singapura, Selasa 29 Mei 2012.

 

Sepanjang bulan ini, harga emas sudah turun 5,5%, penurunan terbesar sejak Desember sekaligus menjadi penurunan bulanan secara berturut-turut untuk keempat kalinya.

 

Sebaliknya, dipicu oleh ketidakpastian penyelesaian krisis Eropa itu juga, pada Mei ini juga kurs dolar AS sudah melompat 4,5% terhadap 6 mata uang mitranya termasuk euro.

 

Para ekonom mulai dari Bank of America Merrill Lynch sampai ke JPMorgan Chase & Co. memprediksi akan terjadi gangguan pada tata finansial global jika Yunani meninggalkan euro.

 

“Investor sekarang berhadapan dengan situasi yang tidak pasti,” kata Sun Yonggang, analis Everbright Futures Co., salah satu BUMN investasi terbesar China.

 

“Jadi apakah Yunani yang akan meninggalkan euro atau Spanyol yang akan menjadi pasien bailout Eropa berikutnya, investor hari ini akan tetap membeli dolar AS.” (Bloomberg/Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top