Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA ASIA: Pasar global rebound, indeks mantap ke zona hijau

TOKYO: Bursa berjangka Jepang dan Australia menguat setelah pasar saham global rebound dari pekan terburuk sejak September, dipicu China yang berjanji mendukung pertumbuhan ekonomi sementara para pejabat Jerman dan Perancis sepakat menjaga Yunani tetap

TOKYO: Bursa berjangka Jepang dan Australia menguat setelah pasar saham global rebound dari pekan terburuk sejak September, dipicu China yang berjanji mendukung pertumbuhan ekonomi sementara para pejabat Jerman dan Perancis sepakat menjaga Yunani tetap di zona euro.Penerimaan penyimpanan Amerika Komatsu Ltd, pembuat mesin konstruksi Jepang yang mendapat 14% persen dari penjualan di China, naik 1,5% dari harga saham penutupan di Tokyo. Sony Corp, produsen elektronik yang tergantung pada Eropa untuk seperlima dari total pendapatan, naik 1,1%.ADR yang berafiliasi dengan BHP Billiton Ltd (BHP) naik 1,3%setelah harga minyak dan logam meningkat.Kontrak pada Nikkei 225 Stock Average Jepang (NKY) berakhir Juni ditutup pada 8.695 di Chicago kemarin, dibandingkan dengan 8.620 di Osaka, Jepang. Penawaran pasar-pra berada 8.690 di Osaka pada 8:05 waktu setempat.Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,8% hari ini. Indeks NZX 50 Selandia Baru meningkat 0,7% di Wellington."Langkah stimulus oleh China, negara nomor 2 penghasil produk domestik bruto dunia, adalah positif bagi perekonomian dunia," kata Fumiyuki Nakanishi, ahli strategis SMBC Friend Securities Co yang berbasis di Tokyo. "China mungkin merangsang ekonomi atau pasar setelah ekspor nasional semakin lesu akibat perlambatan ekonomi Eropa. "Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah hari ini. Indeks menguat 1,6% di New York kemarin, reli terbesar sejak 13 Maret setelah Perdana Menteri Cina Wen Jiabao berjanji untuk lebih fokus pada memperkuat pertumbuhan.Jerman dan Perancis setuju  akan melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk memastikan Yunani tetap dalam mata uang tunggal Eropa, Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble mengatakan setelah pertemuan dengan Menteri Keuangan Perancis Pierre Moscovici.Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,5%, memangkas recouping beberapa penurunan 5,2% pekan lalu. MSCI AllWorld Index rebound 1,2% setelah terjun 5,3% pekan lalu, terburuk sejak pekan yang berakhir 23 September.Yen melemah terhadap sebagian besar mitra utama pada spekulasi Bank of Japan akan menambah langkah-langkah stimulus pekan ini untuk mendukung pertumbuhan dan melemahkan tarif devisa. Pejabat BOJ memulai pertemuan 2 hari ini. Bank sentral memperluas program pembelian aset pada Februari dan April. Pekan lalu, dua pembelian obligasi operasi gagal menarik target BOJ untuk penawaran jual. (Bloomberg/arh)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper